Dark/Light Mode

Sumber Daya Alam Melimpah, Kemendikbudristek Pastikan Dukung Pembangunan Nasional

Sabtu, 9 Desember 2023 19:24 WIB
Kemendikbudristek menggelar sosialisasi Pemajuan Kebudayaan Nasional, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu  (9/12/2023). (Foto: Dok. Kemendikbudristek)
Kemendikbudristek menggelar sosialisasi Pemajuan Kebudayaan Nasional, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). (Foto: Dok. Kemendikbudristek)

 Sebelumnya 
"Bagaimana caranya? Salah satunya, melalui pendidikan, meningkatkan literasi, menumbuhkan kesadaran dan pemahaman, bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat melimpah, yang perlu diterapkan sejak dini,"ujar Hilmar.

Lebih lanjut Hilmar mengatakan, pergeseran budaya bisa saja terjadi. Sama seperti terjadinya pergeseran pola konsumsi, di masyarakat Indonesia.

Baca juga : Firli Ditahan Polda Metro, Dewas Pastikan Sidang Etik Jalan Terus

Ia menuturkan, dulu, masyarakat Indonesia mengkonsumsi umbi-umbian selama ratusan tahun. Lalu, bergeser ke konsumsi beras dan kini gandum.

"Ini juga erat kaitannya dengan ketahanan pangan. Ketika, terjadi gagal panen, maka harus impor dan sebagainya," ujar Hilmar.

Baca juga : Di Kalimantan, Ganjar Pastikan Lanjutkan Pembangunan IKN

Hilmar menegaskan, krisis pangan ini terjadi bukan karena Indonesia tidak memiliki sumber pangan. Tetapi, dikarenakan adanya perubahan budaya konsumsi di masyarakat.

"Ketahanan pangan adalah kemampuan kita mengelola sumber daya pangan yang ada untuk memenuhi kebutuhan," ujar Hilmar.

Baca juga : Kemendikbudristek Luncurkan Perangkat Ajar Kesehatan dalam Kurikulum Merdeka

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak ragam pangan. Tinggal, bagaimana semua pihak mengembalikan kebiasaan pangan kita.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.