Dark/Light Mode

Jadi Host Shopee Live, Zulhas Promosikan Produk UMKM Lokal

Kamis, 14 Desember 2023 17:08 WIB
Mendag Zulkifli Hasan (tengah) membuat kejutan dengan menjadi host dadakan di Shopee Live, pada Senin (11/12/2023). (Foto: Istimewa)
Mendag Zulkifli Hasan (tengah) membuat kejutan dengan menjadi host dadakan di Shopee Live, pada Senin (11/12/2023). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pemilik Gosisonline Achmad Ardi Kurniawan menceritakan kisahnya ketika memulai bisnis online.

"Dulu saya jualan tapi pesanan datangnya nggak tentu. Tahun 2018 itu saya mulai jualan di Shopee, belajar jualannya di Kampus Shopee. Alhamdulillah setelah 3 bulan berjalan, satu hari bisa puluhan sampai ratusan pesanan. Bahkan waktu pandemi, pesanan saya tembus di 1000-2000 per hari," ungkap Ardi.

Sama halnya dengan Ardi, owner dari Mikhayla Shoes, Esa Bella, juga merasakan bisnisnya berkembang sangat pesat setelah beralih ke sistem online.

Baca juga : Meningkat 135 Persen, SnackVideo Terbukti Ampuh Promosikan Produk UMKM

"Saya merasakan sekali kemudahan sistem jualan online ini. Apalagi saat masuk Shopee, terasa terbantu sekali saya sama fitur-fiturnya, seperti seller center," kata Esa.

Menurutnya, selain itu promo-promo tanggal kembar, dan momen harbolnas juga nggak boleh saya lewatkan, karena paling tidak omset meningkat bisa 2-3 kali lipat.

Sejauh ini, Shopee memang tercatat telah banyak berinvestasi untuk UMKM lokal.

Baca juga : Jadi Pendukung Setia, Zulhas Sebut Prabowo Sosok Moderat

Tidak hanya melalui fitur-fitur marketing unggulan yang membuat omset UMKM seperti Gosisonline dan Mikhayla Shoes melejit, namun juga membantu mereka untuk bisa berkembang secara global.

Contohnya adalah Program Ekspor Shopee yang memungkinkan UMKM lokal untuk menjual produknya hingga Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Selain itu, sejumlah inisiatif pengembangan UMKM melalui Bimbel Shopee, Kampus UMKM Shopee, dan Gerakan Ekspor Serentak, juga menjadi bentuk dukungan nyata dalam memajukan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.