Dark/Light Mode

Jadi Host Shopee Live, Zulhas Promosikan Produk UMKM Lokal

Kamis, 14 Desember 2023 17:08 WIB
Mendag Zulkifli Hasan (tengah) membuat kejutan dengan menjadi host dadakan di Shopee Live, pada Senin (11/12/2023). (Foto: Istimewa)
Mendag Zulkifli Hasan (tengah) membuat kejutan dengan menjadi host dadakan di Shopee Live, pada Senin (11/12/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membuat kejutan dengan menjadi host dadakan di Shopee Live, pada Senin (11/12/2023).

Dalam menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 tersebut, Zulhas-sapaan akrab Zulkifli Hasan sukses menawarkan produk rok dan daster plisket, serta sepatu wanita produksi UMKM lokal yang sudah berhasil ekspor bersama Shopee yakni, Gosisonline dan Mikhayla Shoes.

Zulhas terlihat lihai saat memandu sesi live shopping Harbolnas di Shopee Live.

Baca juga : Meningkat 135 Persen, SnackVideo Terbukti Ampuh Promosikan Produk UMKM

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini sering kali berinteraksi dengan para penonton Shopee Live, sambil menunjukkan beberapa produk lokal yang ada di etalase.

"Wah ini daster berapa ini? Cuma Rp 80 ribu masih diskon jadi Rp 60 ribu? Ini kalau di Prancis harganya 100 dolar AS ini, 1,6 juta," ujar Zulhas dikutip Kamis (14/12/2023).

Begitu pula saat Zulhas menawarkan sepatu produksi UMKM lokal asal Bogor, Mikhayla Shoes, dengan harga diskon kepada para penonton.

Baca juga : Jadi Pendukung Setia, Zulhas Sebut Prabowo Sosok Moderat

"Sepatu bagus gini dari harga Rp 55 ribu, cuma di live ini jadi Rp 26 ribuan saja. Ayo buruan diborong, rugi ini kalau nggak dibeli," ucapnya.

Tidak hanya memandu acara live shopping, dalam kesempatan kali ini Zulhas juga berbincang kepada dua UMKM lokal yang sudah sukses ekspor di Shopee tersebut.

Dirinya menjelaskan, sektor ini memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Baca juga : Zulhas Borong Produk UMKM Bazaar PAN X Jakcloth

"UMKM menopang masa depan ekonomi Indonesia, kenapa? Karena 64 persen bisnis di Indonesia berasal dari UMKM, Kuncinya UMKM maju, ekonomi maju," jelas Zulhas.

Ia menambahkan, bahwa UMKM lokal akan bisa lebih berkembang melalui e-commerce.

"Kamu semua bisa jualan bahkan sampai ke luar negeri, semuanya ada lengkap kan? Seperti mas Ardi ini sampai diajarin buka toko dan pakai fitur-fitur di Kampus Shopee, jadi omset bisa tambah banyak," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.