Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penanganan Karhutla Palembang Ditangani Secara Terintegrasi

Rabu, 16 Oktober 2019 08:42 WIB
Tim Gabungan bekerja keras memadamkan Karhutla  di Palembang. (Foto:Hms LHK)
Tim Gabungan bekerja keras memadamkan Karhutla di Palembang. (Foto:Hms LHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Palembang telah ditangani oleh tim gabungan secara terintegrasi. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( LHK), Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan, dirinya telah mengeluarkan radiogram perintah penanganan Karhutla di Palembang, kepada Gubernur Sumsel dan Bupati Muba, Bupati OKI dan Bupati Banyuasin serta Bupati Ogan Ilir yang diindikasikan terdapat titik api. 

“Hari ini masih terus dipantau. Panglima TNI memperkuat jajaran dan menambahkan helikopter serta langkah hujan buatan. Kapolri memperkuat kerja tim lapangan. Gubernur terus mengikuti perkembangan,” ujar Siti kemarin. 

Baca juga : Sandiaga Uno Akhirnya Kembali ke Pangkuan Gerindra

Lebih lanjut Siti mengatakan, dirinya terus berkoordinasidengan Panglima TNI dan Gubernur Sumsel, juga Kapolri. Serta meminta dukungan swasta di lokasi terdekat. 

“Di lapangan Satgas dipimpin Danrem dan diarahkan Gubernur dan Panglima bekerja keras. Saya terus ikuti perkembangan,” tambah Siti. 

Sebenarnya kata Siti, kondisi kemarin sore sudah lebih baik. Pagi ini naik lagi hotpsot. Satgas darat gabungan masih tetap bekerja di lapangan siang dan malam, dalam upaya memadamkan titik api, buat sekat bakar, sumur bor karena sumber air sudah jauh. 

Baca juga : Samsung Galaxy A30s: Kamera Mantap, Tampang dan Performa Biasa

Begitu juga helikopter untuk water bombing yang ada tidak semua bisa operasional karena bergantian pemeliharaan sesuai jam terbang. 

Sementara itu, hujan secara alami belum turun, cuaca masih panas terik. 

“Yang memperihatinkan, masih ada masyarakat yang bakar secara sembunyi-sebunyi pada malam hari yang jauh dari jangkauan Satgas darat,” ungkap Siti. 

Baca juga : Rugikan Negara Rp 20 M, Mantan Bupati Seruyan Jadi Tersangka

Prinsipnya, kata Siti pemerintah pusat dan pemerintah daerah kerja keras dan bahu membahu untuk penyelesaian kabut asap kota Palembang. “Kita terus konsolidasi,” tegasnya. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.