Dark/Light Mode

Dirut PLN Tegaskan Komitmen Dalam Pengarusutamaan Gender, Ini Kebijakannya

Senin, 18 Desember 2023 21:07 WIB
Dirut PLN Tegaskan Komitmen Dalam Pengarusutamaan Gender, Ini Kebijakannya

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya meningkatkan keterlibatan perempuan dalam tiap lini proses bisnis perseroan yang berkelanjutan, tak terkecuali pada transisi energi.

Hal tersebut tercermin melalui agenda PLN Sustainability Day yang digelar di Jakarta pada Kamis (14/12) dengan mengusung tema "Engendering-Empowering" selaras dengan Momentum Hari Ibu di penghujung Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya sangat menyadari pentingnya Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menyongsong transisi energi.

Baca juga : Prabowo Siap Teruskan Program Kartu Indonesia Sehat, Ini Manfaatnya

”Saya sampaikan lagi, kita menganggap ESG ini sangat serius untuk memastikan perusahaan survive dan flourish. Dalam prosesnya, kita melakukan transformasi. Karena PLN adalah perusahaan yang berorientasi pada masa depan,” ujar Darmawan.

Darmawan juga menekankan, pihaknya memastikan penerapan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam seluruh proses bisnis PLN.

Menurutnya, keterlibatan aktif dari perempuan dapat berkontribusi dalam meningkatkan competitive advantage dan value dari perusahaan.

Baca juga : Prabowo-Gibran Dorong UMKM dengan Gerakan Ekonomi Kerakyatan, Ini Kelebihannya

Darmawan menegaskan, PLN menyediakan seluas–luasnya ruang untuk pegawai perempuan di lingkungan perusahaan untuk berperan dan mengambil posisi kepemimpinan.

"Secara konkret, kami tetapkan kebijakan pengarusutamaan gender, kebijakan anti pelecehan seksual, kami hadirkan juga prasarana kerja yang ramah gender. Dan kami juga membentuk gugus tugas Srikandi PLN yang membantu manajemen dalam peningkatan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di PLN,” terang Darmawan.

Selaras dengan hal tersebut, Darmawan juga telah menginisiasi beberapa terobosan di tubuh PLN terkait pengarusutamaan gender.

Baca juga : PPP Pastikan Ganjar-Mahfud Pertajam Pengetahuan Untuk Hadapi Debat Selanjutnya

Pada Desember 2021, PLN telah menyatakan komitmen terhadap pengarusutamaan gender melalui CEO Statement of Support for the Women's Empowerment Principles yang dipublikasikan secara terbuka pada platform United Nation Global Compact (UNGC).

"Tidak cukup sampai di situ, kami juga telah menerbitkan Statement of Corporate Intent (SCI) pada April 2022 tentang Kebijakan Pengarusutamaan Gender. Hal tersebut dioperasionalisasi, dengan penyusunan Standar Operasional Prosedur tentang Pengarusutamaan Gender dalam tiap kebijakan dan strategi sumber daya manusia," papar Darmawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.