Dark/Light Mode

Prabowo-Gibran Dorong UMKM dengan Gerakan Ekonomi Kerakyatan, Ini Kelebihannya

Kamis, 14 Desember 2023 16:31 WIB
Prabowo-Gibran
Prabowo-Gibran

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran, bertekad memperkuat penyumbang terkuat pemasukan negara yakni, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui bantuan serta insentif lewat Gerakan Ekonomi Kerakyatan.

Hal ini terungkap dalam dokumen visi-misi Prabowo-Gibran pada Program Asta Cita 3.

Program yang menargetkan penguatan UMKM melalui berbagai bantuan dan insentif, terintegrasi dalam kerangka Gerakan Ekonomi Kerakyatan.

“Memberikan bantuan dan insentif untuk membuka usaha melalui Gerakan Ekonomi Kerakyatan dengan membangun pusat kewirausahaan di tingkat kabupaten untuk memperkuat produk-produk UMKM,” dikutip dari dokumen visi-misi Prabowo-Gibran pada Kamis, (14/12/2023).

Baca juga : TKN Prabowo-Gibran Nobar Debat Capres Bareng Tukang Bakso Di Kemang Village

Program Prabowo-Gibran yang satu ini bertujuan untuk mendirikan pusat-pusat kewirausahaan di tingkat kabupaten guna memperkuat produk-produk.

Di sektor primer, UMKM terlibat dalam kegiatan seperti pertanian, perikanan, dan peternakan; di sektor sekunder, mereka fokus pada pengolahan hasil panen, industri makanan, dan kerajinan; sementara di sektor tersier, mereka terlibat dalam perdagangan dan jasa.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Sudaryono, menekankan peran penting sector tersebut dalam menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, dan menanggulangi kemiskinan.

Menurutnya, Prabowo-Gibran telah memiliki program yang bertujuan untuk memperkuat ekonomi rakyat sejak awal.

Baca juga : Gerakan Ekonomi Sandi Uno For Ganjar Gelar Pelatihan Sabun Cuci Piring

“Sektor itu adalah pilar utama dalam ekonomi kerakyatan yang berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan penanggulangan kemiskinan,” ujar Sudaryono pada Selasa, (12/12/2023) di Jakarta.

Lantas apa saja kelebihan Gerakan Ekonomi Kerakyatan yang dicanangkan oleh Prabowo-Gibran? Berikut ini adalah ulasannya.

3 Kelebihan Gerakan Ekonomi Kerakyatan Bagi UMKM

1. Gerakan Ekonomi Kerakyatan melindungi rakyat dari persaingan yang tidak seimbang.

Baca juga : Ini Strategi Jitu Prabowo-Gibran Perkuat Kedaulatan Indonesia

Gerakan Ekonomi Kerakyatan Prabowo-Gibran akan melindungi khususnya antara pelaku usaha kecil dan pemilik modal besar.

Dengan fokus pada kekuatan ekonomi rakyat, gerakan ini membantu meminimalkan ketidakseimbangan dalam persaingan, memberi peluang yang lebih besar kepada UMKM untuk berkembang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.