Dark/Light Mode

Petani Kacang Tanah Apresiasi Garudafood Serap Hasil Panen Sepanjang Tahun 2023

Kamis, 21 Desember 2023 16:49 WIB
Garudafood memberikan nilai tambah kepada para petani kacang tanah dan menyerap hasil panennya. (Foto: Dok. Garudafood).
Garudafood memberikan nilai tambah kepada para petani kacang tanah dan menyerap hasil panennya. (Foto: Dok. Garudafood).

RM.id  Rakyat Merdeka - Cuaca panas dan kemarau kering yang melanda sejumlah wilayah Indonesia sepanjang tahun 2023 menjadi tantangan bagi sektor pertanian.

Mengutip Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan bahwa Juni hingga Agustus 2023 merupakan tiga bulan terpanas sepanjang sejarah dan bulan Juli menjadi bulan yang paling panas.

Meskipun demikian, para petani kacang tanah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah mengaku masih mendapatkan keuntungan di masa tanam ketiga ini lantaran salah satu pabrik pengolahan kacang tanah di wilayah mereka menyerap hasil panen di sepanjang tahun 2023.

Para petani juga merasakan hasil panennya lebih baik dari pada tahun sebelumnya baik secara kuantitas dan kualitas.

Seperti yang dirasakan Ghufron (38), petani kacang tanah asal Desa Keboromo, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Ghufron bersyukur kacang tanah yang ditanamnya bisa membuahkan hasil dan dibeli dengan harga jual yang bagus meski di tengah musim kemarau kering yang melanda wilayahnya.

“Tahun ini saya berhasil panen kacang tanah sekitar 3,6 ton, di mana harga komoditas tersebut juga terbilang bagus di tahun ini," ujar Ghufron.

Baca juga : Pameran Sketsa Hope For Gaza Tetap Menarik Pengunjung IVD 2023

Ia bersyukur hasil panen diserap dengan harga yang bagus dari pabrik besar pengolahan kacang tanah seperti Garudafood.

Walaupun beberapa petani kacang sempat mengalami over supply, ia merasa terbantu karena Garudafood tidak pernah menghentikan aktivitas penyerapan hasil panen kacang tanah selama satu tahun penuh.

“Selama 2023, kami sempat mengalami over supply kacang tanah. Untungnya, Garudafood masih menerima hasil panen kacang tanah selama setahun penuh dengan harga yang bersaing,"ujar Ghufron dalam keterangannya, Kamis (21/12/2023).

Ghufron juga mengatakan, Garudafood sangat transparan terhadap hasil panen kami, mulai dari peninjauan kualitas, proses bongkar muat yang cepat, dan pembayaran yang dilakukan langsung pada saat itu.

Ia menambahkan, sejak bermitra dengan Garudafood di 2018 hingga saat ini, kepastian mencari off-taker atas hasil panen kacang tanah tidak lagi menjadi kendala.

Bahkan Ghufron merasakan adanya perbaikan dari segi kualitas hasil panen kacang tanah, sehingga sebagian besar hasil panen diserap Garudafood sebab sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Selain menyerap langsung hasil panen kacang, Garudafood juga melakukan pembinaan kepada para petani agar produktivitas dan kualitas hasil panen mereka tinggi," ujar Ghufron.

Baca juga : KNKT Paling Banyak Investigasi Kecelakaan Pesawat Di 2023

Direktur Utama PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) Hardianto Atmadja mengatakan, pihaknya melakukan program itu agar hasil panen kacang tanah mereka memiliki kualitas yang baik dan sesuai standard Garudafood.

"Sehingga sebagian besar panen mereka dapat kami serap dan otomatis pendapatan mereka akan naik,” ujar Hardianto.

Bentuk dukungan lainnya yang selama ini diberikan Garudafood, menurut Hardianto yaitu dengan adanya harga pengaman.

Menurutnya, harga pengaman merupakan harga yang diamankan Garudafood apabila terjadi penurunan harga saat penjualan hasil panen.

Dengan sistem ini, Garudafood mampu memberikan nilai tambah kepada para petani.

Selain mendapatkan kepastian harga, mitra petani juga memperoleh pendampingan technical assistance.

Pendampingan ini diberikan dengan tujuan agar petani dapat melakukan budi daya dengan benar dan mampu memperoleh hasil panen dengan produktivitas dan kualitas yang optimal.

Baca juga : Pupuk Kaltim Borong Prestasi Di Ajang ISDA 2023

Hal ini juga diakui salah satu mitra petani Garudafood asal Pati Jawa Tengah yaitu Abdul Mujib (44) mengakui bahwa hasil taninya bertambah sekitar 30 persen pada 2022.

Ia telah bergabung dengan program Garudafood sejak 2019 hingga sekarang.

Atas keberhasilannya tersebut, Abdul Mujib merasa sangat berterima kasih kepada Garudafood karena ia merasakan langsung manfaat peningkatan hasil panen yang berkualitas dan dijamin pasarnya.

“Saya bangga sebagai mitra pemasok bahan baku kacang tanah Garudafood,” ujar Abdul Mujib.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.