Dark/Light Mode

Srikandi PLN UIP Jawa Bagian Barat Gelar Program Peningkatan Kesehatan Di Cinere

Senin, 25 Desember 2023 21:10 WIB
Srikandi PLN UIP Jawa Bagian Barat Gelar Program Peningkatan Kesehatan Di Cinere

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) menggelar acara Employee Volunteer Program (EVP), Srikandi PLN Movement 2023, dalam rangka memperingati hari Ibu pada 22 Desember lalu.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBB, sekaligus Ketua Srikandi PLN UIP JBB Ratih Kusuma Dewi mengatakan, kegiatan tersebut mengangkat tema “Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak, untuk Penurunan Jumlah Anak Stunting", yang digelar di Ancol, Jakarta Utara, pada Kamis (21/12/2023).

Kegiatan itu, kata Ratih, bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dimotori Srikandi PLN UIP JBB, guna pencegahan dan penanggulangan stunting.

Menurut Ratih, perseroan memberikan edukasi kesehatan bagi Ibu dan Anak, serta penyerahan bantuan peningkatan kesehatan Ibu dan Anak berupa penyediaan makanan bergizi selama 60 hari kedepan bagi 67 Ibu dan Balita stunting di Kecamatan Cinere, Kota Depok.

Baca juga : Pentingnya Peran Parpol Dalam Sosialisasi Program Kampanye Sehat Di Pemilu 2024

Pihaknya juga melakukan penyuluhan kesehatan, serta pengukuran tinggi dan berat badan secara berkala dalam rangka pemantauan.

Bantuan diserahkan General Manager PLN UIP JBB Defiar Anis kepada Camat Cinere, Mursalim.

Sementara itu, pemberian edukasi kesehatan disampaikan dr. Marya W. Haryono, M.Gizi, Sp.GK, FINEM.

"Program ini, bentuk kontribusi nyata Srikandi PLN UIP JBB dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat, khususnya dalam pencegahan dan penanggulangan stunting," ujarnya, melalui siaran pers, Senin (25/12/2023).

Baca juga : BSI Maslahat Gandeng KUA Menteng Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas UMKM

Di samping itu, penyelenggaraan kegiatan ini juga bentuk sinergi dan kolaborasi multipihak, seperti Kecamatan Cinere, Tim Penggerak PKK Kecamatan Cinere, OCAN BANANAS (Ojek Cantik Membawa Makanan untuk Anak Stunting) di setiap Kelurahan dan Puskesmas Cinere.

General Manager PLN UIP JBB Defiar Anis menilai, kegiatan ini merupakan wujud dukungan PLN terhadap program Pemerintah dalam percepatan penurunan stunting pada Balita.

"Ini adalah program prioritas Pemerintah, sebagaimana termaktub dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024," kata Defiar.

Ia mengatakan, target nasional pada tahun 2024, prevalensi stunting turun hingga 14 persen. Karenanya, pihaknya turut mengambil bagian dalam upaya penurunan prevalensi stunting tersebut di Kecamatan Cinere.

Baca juga : Gelar Pelatihan Dan Sistem Kerja, PLN UIP Jawa Bagian Barat Dorong UMKM Depok Naik Kelas

Ia menegaskan, selain menjalankan bisnis utama berupa penyediaan listrik yang andal, pihaknya juga menjalankan program TJSL yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Dengan menekan angka stunting, ke depannya diharapkan akan tercapai generasi muda yang sehat dan produktif, menuju Indonesia Emas 2045," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Cinere Mursalim, mengapresiasi dan menyambut baik program yang dilaksanakan PLN UIP JBB karena melalui program bantuan ini akan tercapai “Zero Stunting” di Kecamatan Cinere.

"Hal ini, tentunya dapat menciptakan generasi Indonesia yang unggul," ujar Defiar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.