Dark/Light Mode

Kerek Ekonomi Masyarakat

Basin Ltd Bina Bumdes Dekat WK Kepala Burung

Kamis, 28 Desember 2023 07:00 WIB
Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya PPB. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]
Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya PPB. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]

 Sebelumnya 
Sementara pengelola BUMDes Arar Berdikari, Ahad Sakka meyakinkan, Program Pengembangan Masayarakat (PPM) yang diberikan oleh Petrogas (Basin) Ltd sangat membantu perekonomian masyarakat.

"Kegiatan ini sangat membantu. Berkat kegiatan SKK Migas dan Petrogas ini, anak-anak bukan hanya bisa bersekolah hingga SLTA, tapi beberapa sudah mampu menguliahkan anak-anaknya hingga ke Pulau Jawa," ucapnya.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Kuat, Regulasi Harus Berkelanjutan

Selain BUMDes Arar Berdikari, Petrogas (Basin) Ltd Juga menginisiasi Koperasi Warmanda Sejahtera di Kampung Klabinain, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong yang dibina sejak 2021. Mulai Februari 2022, koperasi yang beranggotakan petani lokal di Distrik Aimas ini telah memasok aneka sayuran ke Petrogas (Basin) Ltd.

Pengelola BUMDes Arar Berdikari/Badan Musyawarah Kampung, Haji Ahad Sakka. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]

Bahkan, pada 2023, Petrogas (Basin) Ltd kembali menambah UMKM binaannya. Kali ini, kelompok petani lokal yang tergabung dalam Koperasi Kael Maju di Distrik Seget, Kabupaten Sorong, yang berhasil melakukan suplai perdana kepada mereka di November 2023.

Baca juga : MCMI: Masyarakat Masjid Harus Ciptakan Pemilu Damai Demi Keutuhan Bangsa

Terkait hal ini, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D Suryodipuro menyampaikan, PPM yang dikerjakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), merupakan bukti, keberadaan industri migas memang berdampak positif bagi masyarakat di sekitar wilayah KKKS.

“Mengapa industri migas masih dibutuhkan, selain untuk pemenuhan kebutuhan energi nasional, multiplier effect industri ini dapat memberikan peningkatan ekonomi yang langsung dapat dirasakan masyarakat,” tegas Hudi. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.