Dark/Light Mode

Di Depan 30 Ribu Peserta WWF 2024

Indonesia Bakal Pamer Keberhasilan Kelola Air

Sabtu, 13 Januari 2024 07:10 WIB
Men­ko Marves Luhut Binsar Pand­jaitan saat ra­pat koordinasi (rakor) panitia penyelenggaraan 10th WWF 2024 di Bali, Jumat (12/1/2024). (Foto: Kemenko Marves)
Men­ko Marves Luhut Binsar Pand­jaitan saat ra­pat koordinasi (rakor) panitia penyelenggaraan 10th WWF 2024 di Bali, Jumat (12/1/2024). (Foto: Kemenko Marves)

 Sebelumnya 
Deputi Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan (PLK) Kemenko Marves Nani Hendiarti mengatakan, WWF di Bali bakal mengundang 32 kepala negara dan menargetkan kehadiran 30 ribu peserta.

“Sebanyak 30.000 peserta ini kami menargetkan dari 180 negara, 250 organisasi, sebagian besar masuk dalam anggota WWF. Sesinya ada 214 yang terbagi menjadi tematik, dan lainnya,” kata Nani.

Nani mengatakan, WWF merupakan forum internasional yang pendekatannya kompre­hensif, bukan hanya dari sisi pembahasan tematik, tapi juga regional dan politik.

Baca juga : Kurang Kontrol Emosi, Fajri Gagal Pertahankan Gelar

Hingga saat ini, Kemenko Marves bersama Kementerian PUPR dan Panitia Nasional sudah melakukan serangkaian persiapan dan koordinasi untuk mempersiapkan agenda berskala internasional ini.

Untuk mendukung penyeleng­garaan WWF ke-10, Presiden Jokowi sudah mengeluarkan Keppres Nomor 1 Tahun 2023. Hingga kini, persiapan dilakukan secara paralel dengan melaku­kan rapat koordinasi mengecek kesiapan.

Lebih lanjut, Nani menjelas­kan isu tentang air telah menjadi perhatian internasional sejak beberapa tahun terakhir ini.

Baca juga : Guru Besar Unpad Sebut Indonesia Waspada Kekerasan Domestik

Bahkan, isu ini juga dibi­carakan pada penyelenggaraan Konferensi para pihak konvensi kerangka kerja PBB tentang perubahan iklim (Conference of the Parties 28 atau COP28) di Dubai, Uni Emirat Arab.

Menurutnya, COP28 men­desak negara dan para pihak untuk mempercepat tindakan cepat pada skala dan di semua tingkatan.

“Mulai dari lokal hingga global untuk mengurangi kelangkaan air terkait iklim, meningkatkan ketangguhan terhadap bencana terkait air dan mewujudkan pa­sokan air yang tahan iklim, serta akses terhadap air layak minum terjangkau,” jelasnya.

Baca juga : Hari Kalender Pertama 2024, Pj Bupati Apriyadi Tinjau Jalan Tol Bayung Lencir

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 13/1/2024 dengan judul Di Depan 30 Ribu Peserta WWF 2024, Indonesia Bakal Pamer Keberhasilan Kelola Air    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.