Dark/Light Mode

PDN Akan Beri Dampak Besar Buat Bangsa

Daya Saing Indonesia Bakal Melesat…

Senin, 18 Desember 2023 08:50 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Antara)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah merampungkan proyek pembangunan Pusat Data Nasional (PDN), infrastruktur mendasar untuk memuluskan agenda transformasi digital. Jika proyek itu berjalan mulus, daya saing bangsa kita akan melesat.

Transformasi digital merupakan salah satu langkah besar untuk mempercepat penguatan pondasi ekonomi dan meningkatkan daya saing. Sebab, digitalisasi telah menyentuh berbagai sektor kehidupan, baik di dalam dan luar negeri.

Baca juga : Pengamat: Akademi Sepak Bola Prabowo Bisa Lahirkan Pemain Andalan Timnas

Guna memuluskan agenda nasional itu, Kementerian Kominfo tengah membangun PDN. Infrastruktur digital ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menyempurnakan penyelenggaraan pemerintahan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan, PDN merupakan bagian dari infrastruktur digital yang mendasar untuk peningkatan sistem di pemerintahan.

Baca juga : Prabowo: Saya Percaya Sepak Bola Indonesia Akan Maju

“Untuk melakukan transformasi digital, infrastrukturnya harus kita perkuat dulu. Karena hal itu menyangkut konektivitas dan kualitas digital Indonesia yang luas,” kata Budi Arie, belum lama ini.

Menkominfo menjelaskan, PDN akan memperkuat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang tengah dikembangkan Kementerian/Lembaga dan Pemda. PDN akan mengintegrasikan dan menyatukan data Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda). SPBE yang terintegasi PDN, bisa menyajikan data lebih cepat dan akurat. Manfaatnya, kinerja birokrasi di pemerintahan lebih efisien dan transparan.

Baca juga : Dubes Ubaedillah Bangga Pramuka Indonesia Ramaikan Jambore ke-5 Brunei

“Supaya kita bisa berkompetisi dengan negara lain, daya saing meningkat, maka digitalisasinya harus ditingkatkan,” jelasnya.

Selain itu, PDN akan mempermudah upaya melindungi data digital. Seperti diketahui, pengembangan SPBE yang sedang dilakukan Kementerian/Lembaga dan Pemda membutuhkan konsolidasi seluruh pusat data serta pengamanan data digital Pemerintah yang tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.