Dark/Light Mode

Pelaku UMKM Perlu Dibekali Strategi Pengembangan Usaha

Sabtu, 13 Januari 2024 17:47 WIB
Foto: PNM
Foto: PNM

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam menjalankan bisnisnya, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidak hanya membutuhkan modal berupa uang. Namun, mereka juga harus dibekali strategi dalam pengembangan usaha.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melihat potensi yang besar atas tumbuhnya UMKM di Indonesia jika diimbangi dengan kompetensi yang mumpuni dari pelaku UMKM.

Pasalnya, persoalan yang sering terjadi, khususnya di sektor ultra mikro, adalah mindset bahwa usaha sebatas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Serta, minimnya pengetahuan untuk mengembangkan usaha mereka.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary mengingatkan pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kapasitas diri agar terjadi peningkatan skala usaha.

Baca juga : PHE OSES Beri Bantuan Teknologi Rumah Pengering Ikan Di Pulau Sabira

“Karena sekarang ini persaingan di pasar digital semakin sengit,” ujar Dodot dalam keterangannya Jumat (12/1/2024).

PNM menyediakan program yang dapat dinikmati pelaku usaha ultra mikro dan mikro yang bergabung menjadi nasabah PNM.

Program itu diharapkan menjadi bekal bagi pelaku usaha mikro kecil agar mampu bersaing di pasar yang lebih luas.

“PNM bukan hanya memberikan modal uang tetapi juga program pengembangan kapasitas usaha. Ini sebagai bentuk kepedulian PNM agar usaha skala rumah tangga bisa terus melanjutkan produksinya hingga punya produk yang lebih variatif,” ungkap Dodot.

Baca juga : Menteri Teten Tegaskan Kehadiran UMKM Jadi Elemen Kunci Pengembangan Potensi Desa

Program pengembangan kapasitas usaha yang PNM berikan berupa pelatihan yang berkaitan dengan usaha.

Seperti strategi membuat packaging yang menarik, tips dan trik berjualan di media sosial.

“Kami juga berikan tips untuk mengelola keuangan pribadi dengan usaha,” terangnya.

Selain pelatihan, PNM juga memfasilitasi untuk kepemilikan rekening dan dokumen usaha, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB).

Baca juga : Prabowo: Jaga Persatuan Demi Stabilitas Negara, Perbedaan Biasa Dalam Demokrasi

“Ini bagian dari ikhtiar PNM untuk mempermudah nasabah ultra mikro menuju bankable dan memiliki usaha yang terdaftar. Step selanjutnya, nasabah bisa lebih mudah mengurus dokumen usaha lainnya dan bisa mengajukan pinjaman ke bank. Artinya, skala usaha juga mulai meningkat,” tambah Dodot, optimis.

Hingga Desember 2023, PNM telah memfasilitasi 1 juta pembukaan NIB bagi nasabah binaannya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program tambahan yang disediakan oleh PNM ini terus didorong untuk menggenjot peningkatan kompetensi pada aspek lainnya.

PNM juga berupaya keras agar program itu bisa dinikmati secara merata oleh seluruh nasabah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.