Dark/Light Mode

Dukung Pertumbuhan UMKM

Top, Bank Pelat Merah Genjot Penyaluran KUR

Minggu, 14 Januari 2024 07:20 WIB
Direktur Bisnis Mikro BRI. (Foto: Dok. BRI)
Direktur Bisnis Mikro BRI. (Foto: Dok. BRI)

 Sebelumnya 
Secara umum, ekosistem ultra mikro ini mampu membuka akses keuangan dan memberi­kan customer experience yang baik terhadap layanan keuangan yang di-customize, sesuai dengan kebutuhan nasabah ultra mikro.

“Hasilnya, masyarakat seg­men ultra mikro yang belum terlayani keuangan formal di Indonesia, turun dari 30 juta orang di tahun 2018, menjadi hanya sekitar 9 juta pada 2023,” katanya.

Begitu juga dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Tahun ini, BSI mendapat jatah penyaluran KUR syariah sebesar Rp 16 triliun.

Baca juga : Gandeng Fidac, Bank DKI Permudah Penyaluran Kredit Bagi ASN

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan, pihaknya berkomitmen terus mendukung pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui pembiayaan KUR syariah.

Pada tahun ini, BSI akan fokus untuk tumbuh pada bisnis yang sehat dan sustain, serta memper­besar customer based.

“Seluruh sektor usaha me­miliki prospek positif pada 2024, yang didorong oleh kuat­nya konsumsi rumah tangga,” ucap Ngatari di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Baca juga : Milenial dan Gen Z Di Kaltara Bagikan Susu Gratis

Dengan kuota penyaluran KUR sebanyak Rp 16 triliun, BSI dapat lebih banyak men­jangkau pelaku-pelaku usaha mikro untuk bisa sustain dan naik kelas.

“Kami optimistis tahun 2024 kuota Rp 16 triliun KUR Syariah akan terserap secara optimal dan tepat sasaran,” kata Ngatari.

Sebagaimana diketahui, sepanjang tahun lalu mulai dari Januari-November 2023, BSI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 11,9 triliun kepada 119.948 pelaku UMKM di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.