Dark/Light Mode

Volume Angkutan KAI Logistik Capai Lebih Dari 28 Juta Ton Di 2023

Jumat, 19 Januari 2024 20:51 WIB
KAI Logistik mencatatkan pertumbuhan bisnis dengan capaian baik pada aspek kinerja keuangan maupun kinerja operasional di sepanjang 2023.(Foto: Ilustrasi KAI Logistik)
KAI Logistik mencatatkan pertumbuhan bisnis dengan capaian baik pada aspek kinerja keuangan maupun kinerja operasional di sepanjang 2023.(Foto: Ilustrasi KAI Logistik)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) mencatatkan pertumbuhan bisnis dengan capaian baik pada aspek kinerja keuangan maupun kinerja operasional di sepanjang 2023.

KAI Logistik juga berhasil mengelola lebih dari 28 juta ton angkutan barang.

Volume tersebut didominasi oleh angkutan batu bara di Sumatera Selatan yang mencapai 90 persen, dari total volume yaitu sebesar 25 juta ton.

Baca juga : Tingkatkan Layanan Logistik, SPSL Gelar Customer Hearing 2023

Selanjutnya angkutan kontainer sebesar 2 juta ton, semen sebesar 858 ribu ton dan layanan kurir sebesar 53.000 ton.

Tahun 2023, KAI Logistik juga berhasil mencatatkan laba sebesar Rp 100,4 miliar dan aset yang meningkat sekitar 5 persen menjadi Rp 886 miliar.

Tak hanya itu, KAI Logistik menunjukkan pertumbuhan yang positif dibandingkan tahun 2022.

Baca juga : Prabowo Resmikan 5 Titik Bantuan Air Bersih Di Kabupaten Kuningan

Pendapatan yang berhasil mencapai sebesar Rp 1.108 miliar atau 88 persen dari target RKAP (Rencana Kerja dan Anggaran Perubahan) tahun 2023.

“Walaupun secara target belum tercapai, namun KAI Logistik tumbuh 9 persen dibandingkan tahun 2022. Pertumbuhan tersebut, di atas dari pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2023 di kisaran 5 persen,” ucap Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Pria yang akrab disapa Malik ini menegaskan, pihaknya terus berupaya mengambil peranan penting di industri logistik Tanah Air dengan menyediakan layanan yang sesuai dengan ragam kebutuhan logistik.

Baca juga : Diversifikasi Bisnis, KAI Logistik Inovasi Gunakan Angkutan Limbah B3

Lebih jauh Ia mengatakan, keberhasilan yang diperoleh melalui kebijakan perusahaan yang menitikberatkan pada peningkatan service layanan serta penyesuaian tarif angkutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.