Dark/Light Mode

Jawab Protes Pengusaha

Pemerintah Janji Beri Insentif Pajak Hiburan

Sabtu, 20 Januari 2024 08:00 WIB
Menteri Koordinator Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 19/1/2024. Foto: Humas Kemenko Perekonomian
Menteri Koordinator Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 19/1/2024. Foto: Humas Kemenko Perekonomian

 Sebelumnya 
Airlangga mengatakan, Presiden Jokowi memerintahkan agar dipersiapkan insentif lainnya, seperti pemberian insentif pajak penghasilan (PPh) badan sebesar 10 persen, namun teknisnya masih dalam pembahasan.

Ia menambahkan, surat edaran tersebut juga akan disosialisasikan setelah terbit.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta kenaikan pajak barang jasa tertentu atau pajak hiburan ditunda dan dievaluasi, agar tidak merugikan masyarakat dan pelaku usaha kecil.

Baca juga : Pasangan Capres-Cawapres Diminta KPK Beri Perhatian Pada 4 Hal Ini

Luhut mendengar polemik terkait pajak hiburan saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Bali beberapa waktu lalu. Ia langsung mengumpulkan pemangku kepentingan terkait, termasuk Gubernur Bali dan jajarannya.

Luhut menambahkan, uji materi atau judicial review yang diajukan sejumlah pihak juga nantinya akan jadi bahan pertimbangan Pemerintah dalam penerapan pajak hiburan.

“Karena keberpihakan kita ke rakyat kecil, karena itu banyak menyangkut pada pedagang-pedagang kecil juga,” imbuhnya.

Baca juga : Pikirkan Pengusaha Kecil, Luhut: Kenaikan Pajak Hiburan 40-75 Persen Belum Perlu

Luhut pun sangat mendukung pengembangan pariwisata di daerah. Karena itu, ia tak ingin kenaikan pajak membebani pelaku usaha, terlebih mereka yang terlibat dan merasakan dampaknya.

“Jadi hiburan itu jangan hanya dilihat diskotek. Banyak sekali lagi dampak pada yang lain, orang yang menyiapkan makanan, jualan dan yang lain sebagainya. Saya kira, saya sangat pro dengan itu dan saya tidak melihat alasan untuk kita menaikkan pajak dari situ,” ujar Luhut. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 20 Januari 2024 dengan judul "Jawab Protes Pengusaha, Pemerintah Janji Beri Insentif Pajak Hiburan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.