Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

TMMIN Pastikan Mobil Diesel Toyota Buatan RI Tak Terdampak Isu Skandal Mesin

Senin, 29 Januari 2024 22:33 WIB
Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam. (Foto: Aditya Nugroho/RM)
Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam. (Foto: Aditya Nugroho/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) buka suara soal isu kekurangtepatan prosedur sertifikasi mesin diesel model Toyota oleh Toyota Industries Corporation. 

“Kami menyampaikan bahwa isu ini tidak berdampak pada model-model kendaraan Toyota di Indonesia,” ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam, Senin (29/1/2024).

Baca juga : PBNU Nonaktifkan Erick Thohir Dari Jabatan Ketua Lakpesdam NU

Menurut Bob, isu ini berkaitan dengan prosedur sertifikasi di beberapa negara selain Indonesia dan tidak berkaitan maupun mempengaruhi kinerja horsepower, torsi, maupun kinerja mesin lainnya. “Isu ini juga tidak berkaitan maupun mempengaruhi keamanan kendaraan serta besaran emisi yang dihasilkan kendaraan,” ujarnya.

Bob kembali menegaskan, bahwa kendaraan-kendaraan buatan Toyota Indonesia tidak terdampak dengan isu ini. “Namun, Toyota Indonesia sebagai bagian dari keluarga besar Toyota, dengan tulus ingin meminta maaf kepada seluruh pelanggan dan pemangku kepentingan di Indonesia terkait ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang ditimbulkan oleh isu ini,” tukas Bob.

Baca juga : Mahfud MD Pastikan Libatkan Masyarakat Kelola Sumber Daya Alam Indonesia

Untuk diketahui, sebelumnya Toyota Motor Corporation (TMC) telah mengumumkan adanya penyimpangan sertifikasi pada mesin diesel yang dibuat oleh Toyota Industries Corporation (TICO). Berdasarkan keterangan resmi TMC, ada 10 model global yang terdampak dari skandal sertifikasi ini. Enam model di antaranya dipasarkan di Jepang, kemudian ada satu model yang diproduksi di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.