Dark/Light Mode

Kinerja Terus Membaik Tahun 2024

Menkeu Dan Gubernur BI Pede Ekonomi Tembus Di Atas 5 Persen

Minggu, 4 Februari 2024 06:40 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perekonomian Indonesia menunjukan kinerja yang terus membaik di tengah ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global. Kondisi tersebut membuat Pemerintah percaya diri (pede) mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi 2024 di atas 5 persen.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini mencapai 5,2 persen.

“Konsumsi Pemerintah maupun masyarakat tahun ini diprediksi bakal meningkat dengan adanya Pemilihan Umum (Pemilu) di Februari 2024,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Kuartal I-2024 di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

Wanita yang akrab dipanggil Ani itu mengatakan, selain Pemilu, Pemerintah juga meyakini kinerja investasi bakal terus menguat, seiring banyaknya Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sudah dalam tahap penyelesaian di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga : Insya Allah, Pertumbuhan Ekonomi Di Atas 5 Persen

Ani juga menjelaskan, stabilitas nilai tukar rupiah sejak akhir tahun 2023 masih terjaga, sejalan dengan konsistensi kebijakan moneter yang ditempuh Bank Indonesia (BI).

Per Desember 2023, nilai tukar rupiah secara point to point (ptp) menguat 1,11 persen secara tahunan (year-on-year/ yoy) dibandingkan akhir tahun 2022.

“Ini berarti apresiasi rupiah hingga akhir 2023 lebih baik dibandingkan penguatan beberapa mata uang di ASEAN, seperti Baht Thailand yang menguat 7,6 persen dan peso Filipina yang menguat 0,26 persen (yoy)” tutur Ani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan, penguatan rupiah terus didukung kebijakan stabilisasi BI dan kembali masuknya aliran modal ke saham dan Surat Berharga Negara (SBN), sejalan menariknya imbal hasil aset keuangan dan prospek keuangan Indonesia.

Baca juga : Duh, Kemiskinan Wilayah Pantai Tembus 50 Persen

Ke depan, Ani meyakini nilai tukar rupiah akan tetap stabil didukung meredanya penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

Senada, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo juga optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 bakal berada di atas 5 persen, dengan proyeksi dalam rentang 4,7 persen sampai dengan 5,5 persen.

“Tahun depan insya Allah bisa naik di rentang 4,8 persen sampai 5,6 persen,” kata Perry di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Perry mengatakan, hal yang harus didorong untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi tahun ini adalah menaikkan pertumbuhan kredit agar bisnis naik, investasi dan konsumsi juga meningkat.

Baca juga : Setelah Main 2.488 Menit, Daisuke Sato Resmi Pisah Dengan Persib

Dia juga menyebut, kinerja ekonomi Indonesia saat ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.