Dark/Light Mode

Bakal Dipamerkan Saat HUT Ke-79 RI

IKN Hadirkan Kendaraan Yang Ramah Lingkungan

Senin, 19 Februari 2024 07:00 WIB
Presiden Joko Widodo saat melihat pembangunan Proyek Istana Negara di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis 23/02/2023. Jokowi optiimis IKN Nusantara akan rampung Agustus 2024 dan berencana akan melakukan rangkaian kegiatan upacara HUT RI Tahun 2024.
Presiden Joko Widodo saat melihat pembangunan Proyek Istana Negara di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis 23/02/2023. Jokowi optiimis IKN Nusantara akan rampung Agustus 2024 dan berencana akan melakukan rangkaian kegiatan upacara HUT RI Tahun 2024.

RM.id  Rakyat Merdeka - Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara memprioritaskan 80 persen perjalanan menggunakan transportasi publik dan mobilitas aktif di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Langkah ini sejalan dengan visi OIKN untuk mencapai Net Zero Emission dan mencipta­kan lingkungan bermobilitas berkelanjutan.

Kepala OIKN Bambang Su­santono bakal menghadirkan transportasi ramah lingkungan di peringatan HUT ke-79 Ke­merdekaan RI.

“Hanya akan ada kendaraan-kendaraan ramah lingkungan, seperti bus listrik, yang akan beroperasi selama perayaan HUTke-79 RI di IKN,” ujar Bambang, di Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Dengan langkah inovatif ini, Otorita IKN membuktikan trans­formasi transportasi dapat menja­di pilar utama dalam membangun kota yang terintegrasi, inklusif dan berkelanjutan, guna merang­kul perubahan positif demi masa depan yang lebih baik.

Baca juga : Sebelas Kecamatan Sulap Sampah Jadi Bahan Bakar

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim mengatakan, perjalanan meng­gunakan transportasi publik dan mobilitas aktif bukan hanya ten­tang efisiensi. Namun juga men­ciptakan kesetaraan dalam mo­bilitas bagi semua masyarakat.

“Sebagai bagian dari komit­men untuk menciptakan kota dunia untuk semua yang layak huni, inklusif dan berkelanjutan, OIKN terus memperkuat mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi bakal memimpin per­ayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur.

OIKNbersama Kementerian PUPR, Badan Pembinaan Ideolo­gi Pancasila (BPIP), Pasukan Pengamanan Presiden, Garnisun Tetap I/Jakarta dan Kodam VI/ Mulawarman, mendampingi Kementerian Sekretariat Negara meninjau area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN untuk persiapan HUTKemerde­kaan RI di IKN nanti.

Upacara bakal berlangsung di lapangan Istana Kepresidenan, yang berada persis di depan Istana Presiden, serta berhadapan dengan sumbu kebangsaan serta peman­dangan lanskap seluruh IKN.

Baca juga : Athletic Bilbao Vs Girona, Kemenangan Harga Mati

Tidak hanya lapangan Istana Kepresidenan, demi mendukung kelancaran upacara HUTKemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024, berbagai area IKN juga ditinjau.

Istana Presiden, Memorial Park dan Hunian Pekerja Konstruksi nantinya menjadi tempat pendukung akomodasi saat upacara berlangsung.

Selain itu, Bambang juga mem­perkenalkan Tim Asistensi Ahli Otorita IKN Bidang Transpor­tasi, sebagai upaya mensukseskan pencapaian target yang telah ditanamkan dalam rencana induk dari perspektif transportasi.

Rencana ini untuk menciptakan kebijakan pembangunan dan pengelolaan transportasi yang ideal dengan tetap memperhatikan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Salah satu fokus utama dalam transformasi adalah peningkatan penggunaan transportasi publik dan mobilitas aktif.

Baca juga : Tenis Qatar Terbuka, Swiatek Cetak Hattrick

Tim Asistensi Ahli yang dipimpin oleh William Sabandar dan Sekretaris Tim Resdiansyah, terdiri atas para ahli dari berbagai latar be­lakang keahlian, dengan beragam perspektif sebagai perwujudan keikutsertaan para pelaku kepentingan dalam proses perencanaan dan pembangunan di IKN.

Adapun anggota Tim Asistensi Ahli diisi oleh Tory Damantoro, IB Ilham Malik, Hafida Fahmi­asari, Batari Saraswati, Prof Erika Bukhari, Tjokorda Nirarta Samdhi dan Ki Darmaningtyas.

Pembentukan Tim Asistensi Ahli ini diharapkan mampu menghadirkan transformasi bermobilisasi di IKN dan kota mitra lainnya.

William Sabandar mengata­kan, pihaknya memiliki Key Per­formance Indicators (KPI) yang menjadi fokus dalam mencapai target ini. Termasuk aksesibilitas ke fasilitas kunci, koneksi transit yang efisien dan pencapaian emisi bersih tahun 2045. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, edisi Senin, 19 Februari 2024 dengan judul "Bakal Dipamerkan Saat HUT Ke-79 RI IKN Hadirkan Kendaraan Yang Ramah Lingkungan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.