Dark/Light Mode

Gencarkan Sosialisasi, BPJamsostek Mampang Sasar Pekerja Informal Di Bogor

Kamis, 29 Februari 2024 15:25 WIB
Gencarkan Sosialisasi, BPJamsostek Mampang Sasar Pekerja Informal Di Bogor

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Jakarta Mampang menggelar sosialisasi di Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) di Bogor, Selasa (27/2/2024). 

Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Mampang Muhammad Imam Saputra mengatakan, sosialisasi ini menjadi salah satu upaya masif BPJamsostek untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya bagi pekerja informal, guna mewujudkan universal coverage.

"Saat ini, kami dari BPJamsostek Jakarta Mampang sedang gencar melakukan sosialisasi kepada pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU), antara lain seperti pekerja seni dan pedagang," kata Imam, dalam keterangan resminya, Kamis (29/2/2024). 

Baca juga : BPJamsostek Mampang Gencar Sosialisasikan Program Bagi Pelaku UMKM Bogor

Imam menjelaskan, pekerja informal bisa mengikuti minimal dua program perlindungan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran Rp 16.800 perbulan atau ditambah dengan Jaminan Hari Tua (JHT) dengan iuran menjadi Rp36.800.

"Manfaatnya sangat besar dengan iuran yang cukup murah, apabila terjadi risiko pekerjaan dikemudian hari, peserta memperoleh tanggungan biaya pengobatan hingga sembuh apabila mengalami kecelakaan kerja, tanpa batasan biaya," ujarnya. 

Kemudian, jika terjadi musibah kematian, peserta berhak memperoleh santunan sebesar Rp 42 juta untuk JKM dan santunan sebesar 48 kali upah yang dilaporkan untuk JKK atau kematian akibat kecelakaan kerja.

Baca juga : Ini Yang Dibahas Kaesang Saat Bertemu Jokowi Di Bandung

Pada kasus kematian akibat kecelakaan kerja, ahli waris juga berhak memperoleh bantuan beasiswa untuk dua orang anak dengan nilai tanggungan maksimal Rp178 juta.

Kepala Bidang Kepesertaan BPJamsostek Jakarta Mampang Yuliah Himawanto menambahkan, kegiatan perluasan kepesertaan ini menjadi fokus saat ini. 

Ia juga berharap dengan sosialisasi ini masyarakat mengerti pentingnya perlindungan jaminan sosial, karena manfaatnya yang sangat besar dengan nilai iuran yang sangat terjangkau.

Baca juga : BPJamsostek Mampang Bayarkan Klaim JKP Sebesar 3 Miliar di 2023

"Negara melalui BPJamsostek ingin memastikan seluruh pekerja Indonesia sejahtera, mereka dapat bekerja secara keras dan optimal, risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan silahkan alihkan kepada kami BPJamsostek," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.