Dark/Light Mode

Sendi Fardiansyah, Sespri Ibu Negara Yang Sukses Bisnis Coffee Shop

Kamis, 29 Februari 2024 21:11 WIB
Sendi Fardiansyah (tengah), pemilik Sequoia Coffee Garden, coffee shop ini menjadi salah satu rekomendasi tempat berkumpulnya anak-anak muda di Bogor, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)
Sendi Fardiansyah (tengah), pemilik Sequoia Coffee Garden, coffee shop ini menjadi salah satu rekomendasi tempat berkumpulnya anak-anak muda di Bogor, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjadi Sekretaris Pribadi (Sespri) Ibu Negara sejak tahun 2015, Sendi Fardiansyah (35) tak menghalangi dirinya membangun bisnis coffee shop kekinian.

Dengan nama Sequoia Coffee, coffee shop ini menjadi salah satu rekomendasi tempat berkumpulnya anak-anak muda di Bogor, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Kang Sendi ini berupaya, di balik kesibukan mengatur jadwal dan memastikan segala kebutuhan administratif kenegaraan terpenuhi.

“Beberapa tahun sebelumnya, saya sudah merintis berbagai usaha di samping profesinya sebagai ASN di lingkungan BSSN,” katanya, Kamis (29/2/2024).

Baca juga : Ini Cara Klopp Tetap Semangati Sven Goran Yang Divonis Kanker

Diakui Kang Sendi, jiwa entrepreneur sudah terolah jauh sejak sekolah SMP. Mulai dari berjualan keripik, membuka warung sate, sampai bisnis clothing pun ia coba. Namun, perjalanannya untuk menjadi pengusaha sukses tidak berhenti sampai situ saja.

“Saya berusaha untuk membenahi apa saja kekurangan dari bisnisnya dan akhirnya mencoba membangun bisnis kembali yaitu coffee shop ini,” ungkapnya.

Ia menceritakan, saat pandemi Covid-19 tahun 2021, Kang Sendi memutuskan untuk mengeksplorasi dunia bisnis dengan mendirikan beberapa usaha dengan membangun kedai kopi ini.

Sequoia Coffee Garden yang berlokasi di Jalan Raya Pajajaran Nomor 49, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ini didirikan atas hasil kolaborasi dengan beberapa koleganya atau investor. Sedangkan, modal usaha Kang Sendi pada saat itu berasal dari hasil berjualan sate.

Baca juga : Tenang Saat Debat Perdana, TPN Sebut Ganjar Sukses Bikin Penonton Terpana

“Saya pikir bisnis saat ini lebih baik kolaborasi dengan banyak orang karena bisa saling bertukar ide dan lebih mudah dalam manajemen bisnisnya,” jelasnya.

Menurutnya, Sequoia Coffee Garden menjadi peluang bisnis yang tepat karena dilihat dari potensinya ternyata Bogor memang terkenal akan coffee shop-nya.

Sebagai seorang wirausahawan, tentunya mendirikan bisnis bukanlah hal yang mudah.

Ada beberapa strategi yang diterapkan untuk menarik konsumen yaitu target market coffee shop ini yaitu anak muda yang suka mencari suasana baru untuk bersantai, berlokasi di tengah kota sehingga strategis dan mudah ditemukan.

Baca juga : Fadli Zon Suarakan Aspirasi Negara Berkembang di COP 28 Dubai

Coffee shop ini juga mempunyai ciri khas yang unik pada indoor dan outdoor-nya dan keberhasilannya memperkenalkan coffee shop melalui media sosial,” ungkapnya.

Bahkan, Sequoia Coffee Garden telah mendapat rating 4,5/5 ulasan positif dari pengunjung.

Pengalaman Kang Sendi dalam berbisnis dan bekerja menjadi Sespri memotivasinya untuk maju menjadi calon Wali Kota Bogor 2024.

Ia bertekad untuk mencoba berdedikasi bersama masyarakat dalam memajukan potensi lokal dan menyelesaikan permasalahan di Kota Bogor.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.