Dark/Light Mode

Inggris Dukung RI jadi Anggota CPTPP

Airlangga Bidik Pasar Ekspor Amerika Latin

Senin, 4 Maret 2024 07:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian airlangga Hartarto. DWI PAMBUDO / RM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian airlangga Hartarto. DWI PAMBUDO / RM

 Sebelumnya 
“Tentu hal ini menjadi salah satu pekerjaan rumah. Dan, kini ada cara bagaimana kita bisa masuk untuk pasar yang lebih luas di negara-negara Amerika Latin,” imbuhnya.

Hubungan dagang seperti FTA, lanjutnya, juga terus di­dorong Pemerintah.

Airlangga menyebut, proses merumuskan perjanjian FTA membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk merampungkan­nya, memerlukan waktu selama satu hingga dua tahun.

Baca juga : Banyak Pelajar Takut Laporin Kasus Bullying

Selain Amerika Latin, masalah perdagangan juga ditemukan di pasar Afrika. Namun untuk pasar Afrika kendalanya lebih ke isu pembayaran. Pemerin­tah tengah mencari solusi atas masalah ini.

Sementara, Trevelyan menya­takan, Pemerintah Inggris siap memberikan dukungan kepada Indonesia bergabung menjadi anggota CPTPP.

“Terdapat beberapa keten­tuan yang perlu disiapkan. Pemerintah Inggris siap mem­berikan dukungan kepada Indonesia untuk bergabung da­lam CPTPP,” kata Trevelyan.

Baca juga : Inter Milan Vs Genoa, Sejarah Baru Simone Inzaghi

Untuk diketahui, Indo- Pasifik kini menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi terdepan di dunia. Kawasan ini menawar­kan peluang besar untuk perda­gangan dan ekspansi.

CPTPP merupakan sebuah perjanjian perdagangan bebas antara Kanada dan 11 negara lain di Indo-Pasifik, yaitu Aus­tralia, Brunei Darussalam, Chili, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Vietnam dan Inggris. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Senin, 04 Maret 2024 dengan judul "Inggris Dukung RI jadi Anggota CPTPP Airlangga Bidik Pasar Ekspor Amerika Latin"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.