Dark/Light Mode

Usaha Mikro Makin Banyak, Teten Dorong Agregator Percepat UMKM Naik Kelas

Selasa, 5 Maret 2024 20:35 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) mengatakan, melalui agregator teknologi, UMKM dimudahkan dalam mengakses segala fasilitas mulai dari akses pembiayaan, pendampingan. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) mengatakan, melalui agregator teknologi, UMKM dimudahkan dalam mengakses segala fasilitas mulai dari akses pembiayaan, pendampingan. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
“Karena kalau industri tidak tumbuh, maka lapangan kerja sulit tersedia. Akibatnya, mereka hanya bisa membuka usaha mikro. Jika makin banyak usaha mikro yang tumbuh, persaingan di level itu pun makin tinggi,” katanya.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh beragam peserta mulai dari pelaku usaha hingga agregator ini, turut digelar dialog interaktif Menkop UKM bersama CEO Elevarm Bayu Syarif Rachmat, CEO Fundex Agung Wibowo, CEO Crustea Roikhanatun Nafi’ah, dan CEO Pemimpin.id Zensa Rahman.

Baca juga : Diskusi Partisipasi Bermakna, Emil Dardak Dorong Zilenial Perkuat Skill

CEO Elevarm Bayu menegaskan, sebagian besar inovasi berhenti di laboratorium atau paper, untuk itu penting ada suatu inisiatif menjadikan produk inovasi masuk ke dalam industri dan market.

Maka, di sinilah penting adanya para kolaborator atau agregator yang menghubungkan inovasi kepada market.

Baca juga : Terpaksa Makan Rumput, Tolong Warga Gaza Kelaparan

“Salah satu yang kita rasakan dari Kemenkop UKM adalah program Pahlawan Digital. Di sana startup benar-benar dibimbing, dipertemukan dengan investor dan market bersama UMKM dikolaborasikan dari hulu ke hilir, digitalisasi, hingga bisa membentuk kolaborasi digital supply chain,” katanya.

CEO Crustea Roikhanatun mengatakan, untuk bisa bertahan, diperlukan berbagai upaya untuk berinovasi mengikuti perkembangan yang ada. Terutama pengetahuan dari banyak negara luar yang sudah lebih dulu menerapkan teknologi canggih.

Baca juga : Italia Masuk Grup Neraka, Ini Hasil Drawing Liga UEFA Nations League

“Produk indonesia nggak kalah bagus, tetapi hanya butuh akselerasi dalam setiap pengembangannya secara bersama-sama,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.