Dark/Light Mode

Lewat Program TJSL, PLN UIP Jawa Bagian Barat Latih UMKM Depok Naik Kelas

Kamis, 4 Januari 2024 18:59 WIB
PLN UIP Jawa Bagian Barat menggelar program TJSL, berupa pemberian Pelatihan Peningkatan Kualitas Produksi bagi 5 UMKM yang ada di Kota Depok. (Foto: Istimewa)
PLN UIP Jawa Bagian Barat menggelar program TJSL, berupa pemberian Pelatihan Peningkatan Kualitas Produksi bagi 5 UMKM yang ada di Kota Depok. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB), melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), berupa pemberian Pelatihan Peningkatan Kualitas Produksi bagi lima Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Depok, Jawa Barat.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi, sekaligus Ketua Tim TJSL PLN UIP JBB Ratih Kusuma Dewi mengatakan, acara pelatihan bagi 5 UMKM di kota Depok ini merupakan salah satu rangkaian acara lanjutan.

Baca juga : Gandeng PMI Kota Depok, PLN UIP Jawa Bagian Barat Gelar Donor Darah

Menurutnya 5 UMKM tersebut sebelumnya juga telah diberikan bantuan modal dan alat kerja dalam rangka pengembangan usaha.

“Dengan pemberian modal alat kerja dan juga pelatihan, 5 UMKM tersebut kami dorong agar bisa berkembang dan naik kelas,” ujar Ratih, melalui siaran pers, Kamis (4/1/2024).

Baca juga : Srikandi PLN UIP Jawa Bagian Barat Gelar Program Peningkatan Kesehatan Di Cinere

Lebih lanjut Ratih mengatakan, kegiatan pelatihan dilaksanakan di kantor PLN UIP JBB selama 2 hari (22-23 Desember 2023) dan diikuti 5 UMKM.

Yaitu, UMKM Kreasi Jemari Insani (Finger Talk) yang memberdayakan para tuna rungu sebagai pekerjanya, G’Debong Depok (Dapur Debong) yang mempunyai keunikan mengolah gedebong pisang menjadi makanan bernilai ekonomi, Salzi Bakery & Catering, Kedai Nasi Kuning Asik 46 dan Andya Handmade.

Baca juga : Gelar Pelatihan Dan Sistem Kerja, PLN UIP Jawa Bagian Barat Dorong UMKM Depok Naik Kelas

Ratih menjelaskan, pada hari pertama, ada 3 pemateri yang dihadirkan. Sesi pertama, oleh Suhendar dari UMKM Manggala Putri, yang memberikan pelatihan berupa manajemen wirausaha dan strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan omset penjualan.

Sesi Kedua, oleh Bondan, Latif dan Chef Bambang dari Puspa Catering, yang memberikan materi terkait strategi packaging produk, disertai praktek membuat tumpeng nasi kuning dan fruit danish croissant, serta sausage brood.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.