Dark/Light Mode

Jalankan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan

Medco E&P Dukung Kemandirian Masyarakat

Jumat, 8 Maret 2024 16:35 WIB
Sejumlah siswa SDN Pauh Simpang Tungkal, Musi Banyuasin, penerima bantuan pendidikan, Program Pemberdayaan Masyarakat dari Medco E&P. [Foto: Dok SKK Migas]
Sejumlah siswa SDN Pauh Simpang Tungkal, Musi Banyuasin, penerima bantuan pendidikan, Program Pemberdayaan Masyarakat dari Medco E&P. [Foto: Dok SKK Migas]

 Sebelumnya 
Menurut Tri, di bidang Pemberdayaan Ekonomi, perusahaan fokus membantu pengembangan ekonomi pedesaan, seperti pemberdayaan UMKM dan pertanian organik.

Salah satu UMKM binaan Medco E&P adalah Keripik Anggun, yang telah mendapatkan gelar juara di Forum Kapasitas Nasional Sumatera Selatan dan Juara Umum di Kapasitas Nasional III di Jakarta, serta penghargaan Padmamitra dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Bidang Kesejahteraan. ’

’Keberadaan UMKM Keripik Anggun juga telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat di Sumatera Selatan karena berhasil memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Bahkan Keripik Anggun pernah mengikuti pameran di luar negeri, sebagai salah satu UMKM tersukses di Indonesia, ’’ kata dia.

Perusahaan juga turut mendukung upaya Pemerintah Desa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui Posyandu. Medco E&P terus melakukan pendampingan terhadap 27 Posyandu yang berada di 10 desa dan melatih 145 kader Posyandu.

Baca juga : Ciptakan Budaya Pangan Berkelanjutan, LG Kampanyekan Better life for all

Sementara dalam Program Dukungan Fasilitas Umum & Fasilitas Sosial, Medco E&P membangun fasilitas air bersih dan sanitasidi Suban di bidang Lingkungan, perusahaan bersama SKK Migas dan KKKS di Sumatera Selatan turut berkontribusi melalui Program Penghijauan Hulu Migas, dengan komitmen penanaman 1 juta pohon.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D. Suryodipuro mengapresiasi kontribusi Medco E&P bagi pengembangan masyarakat di sekitar area operasi.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D. Suryodipuro. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]

‘’Kegiatan program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan SKK Migas bersama KKKS, bukan sekadar tanggung jawab operasional, melainkan upaya nyata dari komitmen kami untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar wilayah operasi hulu migas,‘’ ujar dia.

Menurut Hudi, program yang menitikberatkan dan berfokus pada pendidikan dan upaya peningkatan kualitas dan fasilitas pendidikan, memiliki peran kunci dalam membentuk masa depan yang lebih baik. Dengan memperhatikan sektor ini, Medco E&P berupaya menciptakan generasi muda yang berkualitas untuk masa depan Indonesia.

Baca juga : Fairfield by Marriott Jakarta Lanjutkan Kerja Sama Dengan GB Sanitaryware

‘’Bukan mustahil dan tentu kami berharap, di masa mendatang kita bisa melihat penerus-penerus kita dari SDN Pauh Simpang Tungkal dapat mengisi posisi-posisi strategis, baik di SKK Migas maupun di Medco E&P,‘’ kata dia.

Pihaknya percaya, lanjut Hudi, sinergi antara industri hulu migas dan masyarakat adalah kunci kesuksesan pencipaan lingkungan yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi semua pihak.

“Dengan kerjasama yang erat, kami optimis dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar wilayah operasi hulu migas dan menjaga keseimbangan antara pengembangan industri dan kesejahteraan sosial, ‘’ pungkasnya.

Untuk diketahui, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK MIGAS), adalah satuan kerja khusus yang diberikan tugas oleh Pemerintah, c.q. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Tugasnya, menyelenggarakan pengelolaan kegiatan usaha hulu Minyak dan Gas Bumi berdasarkan Peraturan Presiden No. 95/2012 jo. Peraturan Presiden No. 9/2013 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden No. 36/2018 jo. Peraturan MESDM No. 2/2022.

Baca juga : PHE ONWJ Berdayakan Masyarakat Kampung Keberagaman Merbabu Asih

SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.