Dark/Light Mode

THR ASN Dan Pegawai Swasta Cair

Semoga Pertumbuhan Ekonomi Terdongkrak

Minggu, 24 Maret 2024 07:10 WIB
THR ASN Dan Pegawai Swasta Cair Semoga Pertumbuhan Ekonomi Terdongkrak

 Sebelumnya 
Dengan anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 48,7 triliun untuk THR ASN, TNI, dan Polri serta Rp 50,8 triliun yang dibayarkan untuk gaji ke-13, diharapkan bisa membantu menopang pertumbuhan ekonomi Indonesiapada tahun ini hingga bisa mencapai target 5,2 persen.

“Kami harapkan akan meningkatkan daya beli khususnya untuk ASN, TNI, dan Polri. Kebijakan ini akan ikut mendorong momentum pertumbuhan ekonomi dalam negeri,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Baca juga : Erick Genjot Dividen Jumbo Buat Negara

Wanita yang akrab dipanggil Ani itu mengingatkan agar ASN menggunakan THR untuk berbelanja di dalam negeri. Dengan demikian, belanja yang dilakukan ASN akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi sebagaimana yang ditargetkan Pemerintah.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyampaikan, pembayaran THR dan gaji ke-13 ASN, TNI dan Polri disesuaikan secara bertahap setelah dipangkas pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Jika Demam Periksa Ke Puskesmas, Cek Darah

“Ini bentuk apresiasi Pemerintah kepada aparatur negara. Besarannya juga turut disesuaikan sejalan dengan membaiknya kondisi keuangan negara dan kebijakan Pemerintah. Agar ekonomi dapat terus berekspansi,” ujar Febrio dalam keterangan resminya, Minggu (17/3/2024).

Menurutnya, di tengah pelemahan ekonomi global, menjaga daya beli masyarakat untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional masih menjadi upaya ekstra yang perlu dilakukan Pemerintah.

Baca juga : Italia Vs Ekuador, Menguji Strategi Gli Azzurri

Selain memberikan berbagai program perlindungan sosial bagi masyarakat rentan dan kelas menengah, pemberian THR dan gaji ke-13 ditujukan untuk mendorong konsumsi masyarakat melalui belanja aparatur negara dan menjamin transformasi ekonomi terus berlanjut. NOV

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Minggu, 24 Maret 2024 dengan judul "THR ASN Dan Pegawai Swasta Cair Semoga Pertumbuhan Ekonomi Terdongkrak"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.