Dark/Light Mode

Italia Vs Ekuador, Menguji Strategi Gli Azzurri

Minggu, 24 Maret 2024 06:40 WIB
Pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti. (Foto: X Azzurri_EN)
Pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti. (Foto: X Azzurri_EN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Italia dan Ekuador akan uji kekuatan pada partai persa­habatan di Red Bull Arena, New Jersey, Amerika Serikat, dini hari nanti. Ini misi Gli Azzurri, julukan Timnas Italia, untuk menguji taktik dari Pelatih Luciano Spalletti.

Diketahui, pada uji coba se­belumnya, Italia sukses menang 2-1 atas Venezuela di Florida. Tim asuhan Luciano Spalletti itu unggul lebih dulu di menit 40 melalui gol Mateo Retegui. Namun, Venezuela mampu me­nyamakan kedudukan tiga menit selanjutnya melalui gol Darwin Machis.

Kemenangan akhirnya diper­oleh oleh Italia berkat Brace Retegui, penyerang 24 tahun yang bermain bersama Genoa di Liga Italia.

Pertandingan melawan Venezuela ini merupakan pertandingan ketujuh Italia di bawah kepemimpinan Luciano Spalletti.

Eks Pelatih AS Roma berke­pal plontos itu sudah mencatat kemenangan keempat sejak menangani Timnas Italia dalam periode itu.

Baca juga : Mental Kuat, Sabalenka Lolos

Kali ini, Italia akan mengha­dapi tantangan dari tim Amerika Selatan, Ekuador.

Pada laga persahabatan sebe­lumnya, Ekuador mampu men­galahkan Guatemala dengan skor 2-0 di New Jersey. Namun, meski dari segi peringkat FIFA dan kual­itas Ekuador lebih diunggulkan dari Venezuela, tim peringkat 31 itu tetap diyakini bakal kesulitan menghadapi Italia.

Mengingat, tim besutan Spalletti itu memiliki catatan trend positif dalam tujuh per­tandingan terakhir, yakni empat kemenangan, dua kali seri dan kalah sekali.

Total gol yang sukses mereka kemas pun terbilang cukup fan­tastis, yakni 15 dari tujuh laga yang enam diantaranya di ajang Kualifikasi Euro 2024.

Italia dan Ekuador sejauh ini baru dua kali bertemu. Pertemuan terakhir terjadi dalam laga uji coba Juni 2005. Waktu itu, mereka bermain imbang 1-1. Italia unggul lewat gol Luca Toni menit 6, kemudian dibalas oleh Ekuador lewat penalti Marlon Ayovi menit 18.

Baca juga : KPK Minta NasDem Setor Lagi Rp 40 Juta

Sementara, pada pertemuan pertama Italia dengan Ekuador tersaji di panggung akbar, yakni Piala Dunia 2002 Korea Selatan/Jepang. Waktu itu, Christian Vieri membawa Azzurri menang dua gol tanpa balas.

Dikutip dari 𝘚𝘬𝘺 𝘚𝘱𝘰𝘳𝘵, Sabtu (23/3/2024), Pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti akan kem­bali menerapkan strategi sama seperti saat menang 2-1 dari Venezuela, Jumat (22/3/2024) dini hari lalu, dengan skema tiga bek agar bisa mendominasi jalannya permainan.

“Kami masih menguji coba tak­tik. Selama ini kami selalu terjebak pa­da rencana dengan waktu yang terba­tas,” kata Spalletti.

“Kini, kami memiliki kesempatan memperluas wa­wasan dan mencoba hal berbeda, termasuk sistem taktik baru,” sambungnya.

Di formasi baru ini posisi tiga bek akan diisi Gianluca Mancini atau Giorgio Scalvini, yang akan ditemani Alessandro Buongiorno dan Alessandro Bastoni.

Baca juga : Yang Mau Gugat Pemilu Ditunggu MK Hari Ini Sampai Jam 22.00

Sementara, lini tengah akan diisi Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, Jorginho dan Federico Dimarco yang menopang dua pemain yang berperan bebas Federico Chiesa dan Lorenzo Pellegrini, sedangkan Marco Retegui menjadi ujung tombak.

Uji coba taktik ini adalah persiapan Italia sebelum mentas pada perhelatan Euro 2024 yang akan digelar di Jerman pada Juni-Juli mendatang. 

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 24 Maret 2024 dengan judul Italia Vs Ekuador, Menguji Strategi Gli Azzurri

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.