Dark/Light Mode

Investasinya Tembus Rp 85,10 Triliun

Industri Mamin Moncer

Rabu, 27 Maret 2024 07:00 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada pembukaan Bazaar Lebaran Tahun 2024 di Jakarta, Senin (25/3). Foto: Dok. Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada pembukaan Bazaar Lebaran Tahun 2024 di Jakarta, Senin (25/3). Foto: Dok. Kemenperin

 Sebelumnya 
“Begitu juga air minum dalam kemasan yang produksinya 32,6 miliar liter per tahun, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sebesar 32,5 miliar liter per tahun,” imbuhnya.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, saat ini Pemerintah mengupayakan pemenuhan pangan dari sumber alternatif seperti sagu.

Sagu juga berpotensi dikembangkan sebagai alternatif bahan pangan sumber karbohidrat utama nasional karena Indonesia memiliki lahan sagu yang diperkirakan mencapai 5,5 juta hektar dan berpotensi menghasilkan 34,3 juta ton sagu.

Baca juga : Retribusi Banyak Bocor, Tertibin Dong Parkir Liar

Menurutnya, produk olahan sagu berupa beras analog sagu berpotensi menjadi pangan utama pengganti beras, terutama pada saat terjadinya kelangkaan beras.

“Beras analog sagu juga memiliki keunggulan berupa kandungan resistance starch yang tinggi dan kadar glikemiks indeks yang rendah sehingga baik untuk mencegah diabetes,” ujar Agus.

Ketua Koordinasi Nasional Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah mengatakan, Pemerintah harus fokus memperbaiki pengelolaan pangan untuk kebutuhan industri mamin.

Baca juga : Aguero: Bukan Duel Penentu Gelar Juara

“Ini pekerjaan rumah Pemerintah agar dalam pemenuhan pangan untuk industri mamin, tidak mengganggu pemenuhan pangan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, industri mamin bisa makin maju dan menarik investasi lebih besar lagi,” kata Said kepada Rakyat Merdeka, Selasa (26/3/2024).

Said mengatakan, dengan pengelolaan pangan yang baik, ke depannya industri mamin Indonesia bisa makin besar lagi dan mampu menjadi motor pertumbuhan ekonomi andalan bagi Indonesia. NOV

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Rabu, 27 Maret 2024 dengan judul "Investasinya Tembus Rp 85,10 Triliun, Industri Mamin Moncer"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.