Dark/Light Mode

BPJamsostek Mampang & Pasar Minggu Gencar Sosialisasi Program Kepada Pelaku UMKM

Kamis, 28 Maret 2024 13:43 WIB
BPJamsostek Kantor Cabang Jakarta Mampang dan Pasar Minggu melakukan sosialisasi program-program kepada para pelaku UMKM Kecamatan Pasar Minggu. (Foto: BPJamsostek)
BPJamsostek Kantor Cabang Jakarta Mampang dan Pasar Minggu melakukan sosialisasi program-program kepada para pelaku UMKM Kecamatan Pasar Minggu. (Foto: BPJamsostek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Jakarta Mampang dan Pasar Minggu melakukan sosialisasi program-program kepada para pelaku UMKM Kecamatan Pasar Minggu.

Acara diadakan di Aula Kelurahan Jatipadang belum lama ini BPJamsostek juga menggandeng Camat Pasar Minggu dan Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) PPKUKM untuk sosialiasi program serta manfaat yang diterima jika terdaftar di BPJamsostek.

Momen baik itu juga dimanfaatkan BPJamsostek Jakarta Mampang dan Pasar Minggu untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada UMKM, betapa pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerja bagi pekerja baik sektor formal maupun informal.

Baca juga : Sambut Ramadhan, tvOne Hadir Dengan Sejumlah Program Religi

Kepala Kantor BPJamsostek Jakarta Mampang Muhammad Imam Saputra mengatakan, UMKM ini sebagai penggerak roda perekonomian bangsa.

Apalagi, di masa pandemi Covid-19, UMKM sekarang sudah mulai bangkit, harus diberikan penguatan. Penguatan di sini dalam arti memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sebagai program Pemerintah dari mulai program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), serta Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca juga : Husein Gerindra Siap Kawal Program Prabowo-Gibran

"Pelaku UMKM sangat antusias mengikuti sosialisasi yang diberikan BPJamsostek Jakarta Mampang dan Pasar Minggu. Untuk memperoleh informasi terkait program BPJamsostek. Bahkan, sudah banyak yang mendaftar," tutur Imam di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Menurut Imam, pembayaran iuran kepesertaan BPJamsostek juga sangat mudah. Bisa dilakukan melakui kanal-kanal pembayaran iuran di antaranya, Alfamart, Indomaret, mobile banking, Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

Untuk iuran bagi pekerja informal yang merupakan pekerja BPU ini hanya Rp 36.800 per orang per bulan. Iuran Rp36.800 itu mencakup program JKK, JKM, dan serta JHT sebesar Rp20.000.

Baca juga : Cegah DBD, Takeda Gencarkan Sosialisasi 3M Plus dan Vaksin

Sementara, untuk iuran Rp16.800 itu untuk 2 program yakni JKK dan JKM. Namun, dianjurkan juga agar mengikuti program JHT di mana iurannya hanya Rp 20.000.

"Para pelaku ekonomi sektor informal ini juga dianjurkan mempersiapkan dengan mengikuti program jaminan hari tua. Agar masa tuanya mereka mempunyai tabungan," katanya.

Imam menegaskan, program BPJamsostek merupakan bukti kehadiran negara, kesejahteraan, memastikan seluruh pekerjaannya bisa melakukan aktivitas pekerjaan dengan hati yang tenang tanpa kekhawatiran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.