Dark/Light Mode

Siap All Out Hadapi Lonjakan Konsumen

InJourney Group Patok Pemudik Dan Turis Happy

Minggu, 31 Maret 2024 07:05 WIB
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono. Foto:  Dok. InJourney
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono. Foto: Dok. InJourney

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memastikan sudah siap hadapi momen libur Lebaran. Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Pariwisata itu mematok pemudik dan wisatawan puas dengan pelayanan mereka.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, pihaknya akan all out untuk menghadapi mudik Lebaran. Sejumlah persiapan telah di­lakukan pihaknya bersama anak usahanya yang membidangi ke­bandarudaraan, aviation servic­es, hotel, untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pemudik. Dan juga lonjakan wisatawan ke des­tinasi pariwisata selama musim libur Lebaran 2024.

Pihaknya terus berupaya agar standardisasi pelayanan seluruh anggota holding siap memberi­kan customer experience yang menyenangkan bagi para pemu­dik dan wisatawan di seluruh fasilitas dan layanan, serta desti­nasi pariwisata InJourney Group.

“Seluruh anggota InJourney Group mulai dari airport, air­port services, retail, hospitality, hingga pengelolaan destinasi pariwisata telah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya berbagai fasilitas dan layanan untuk masyarakat,” ujar Maya di Jakarta, Rabu (27/3/2024) malam.

Menurut Maya, persiapan ini penting untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah pemu­dik, terutama yang menggunakan transportasi udara. Serta pen­gunjung di sejumlah destinasi pariwisata di InJourney Group.

Baca juga : Gen Z Kudu Dilibatkan Kerek Ekonomi Digital

Berdasarkan Survei Kemen­terian Perhubungan, melalui Badan Kebijakan Transportasi menyebutkan, akan terjadi lon­jakan pemudik di tahun ini.

Pada tahun 2023 tercatat 123,8 juta warga negara Indonesia melakukan mudik. Untuk tahun ini diperkirakan angkanya melon­jak menjadi 193,6 juta pemudik.

Lalu, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 8 April 2024 dengan perkiraan 26,6 juta masyarakat melakukan perjalanan mudik. Sedangkan, arus balik diperkirakan pada 14 April 2024, dengan 41 juta pergerakan masyarakat kembali dari kampung halaman.

Sementara berdasarkan proyeksi dari InJourney Airport, pada bandara yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) I dan PT Angkasa Pura II, diperkirakan puncak arus mudik pada 5 April dan puncak arus balik pada 14 April 2024.

Pada Lebaran 2024, kata dia, sebanyak 7,9 juta penumpang di­perkirakan berangkat melalui 58 ribu penerbangan di 35 bandara InJourney Airports.

Baca juga : Manchester City Vs Arsenal, Misi Dua Raksasa Berburu Gelar

“Jumlah penumpang dipre­diksi meningkat 10 persen, sementara jumlah penerbangan naik 7 persen,” katanya.

Untuk menyambut lonjakan pemudik tersebut, InJourney Airport telah melakukan berbagai persiapan dengan mem­buka posko selama 16 hari mulai dari 3 hingga 18 April 2024.

“Untuk mengakomodasi lon­jakan pemudik, disiapkan juga 2.309 extra flights dari 12 air­lines di 14 bandara,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sejumlah bandara di bawah In­Journey Airport akan beroperasi 24 jam seperti Bandar Udara In­ternasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bandar Udara In­ternasional Sultan Hasanuddin Ujung Pandang, Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng.

Lalu, Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Bandar Udara Sam Ratulangi Manado.

Baca juga : Sinner Kandaskan Medvedev

Tak hanya itu, InJourney Avia­tion Services (IAS), anak peru­sahaan InJourney yang bergerak pada bidang jasa pendukung aviasi, kargo dan logistik juga melakukan perbaikan pada service improvement bandara dengan melakukan beautifica­tion, dengan standar pelayanan yang excellence, membuat tema Lebaran pada berbagai bandara, serta memberikan promosi retail.

Menurut dia, persiapan juga di­lakukan InJourney Hospitality atau PT Hotel Indonesia Natour (HIN) yang diprediksi mengalami peak season pada 10-11 April 2024.

“Tingkat okupansi InJourney Hospitality, diperkirakan menca­pai 61,2 persen atau meningkat 8 persen dibandingkan tahun 2023,” akunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.