Dark/Light Mode

193 Juta Orang Bakal Mudik

Perekonomian Makin Moncer

Minggu, 31 Maret 2024 07:10 WIB
Ilustrasi. KHAIRIZAL ANWAR / RM
Ilustrasi. KHAIRIZAL ANWAR / RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah pemudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini meningkat. Sebanyak 193 juta orang yang akan mudik diyakini bakal ikut menggerakkan perekonomian nasional.

Presiden Jokowi mengim­bau masyarakat merencanakan mudik lebih awal karena ada peningkatan jumlah pemudik 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga : InJourney Group Patok Pemudik Dan Turis Happy

Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, karena diprediksi men­capai 190 juta pergerakan. Yang terpenting adalah kenyamanan dan keselamatan selama per­jalanan mudik,” kata Jokowi di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Imbauan tersebut juga men­jadi bagian dari upaya Pemerintah memastikan bahwa tradisi mudik Lebaran yang menjadi bagian penting dari budaya In­donesia dapat berlangsung baik dan tanpa hambatan.

Baca juga : Gen Z Kudu Dilibatkan Kerek Ekonomi Digital

Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Trans­portasi (BKT) memprediksi pergerakan mudik masyarakat secara nasional mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.

Angka tersebut meningkat dibanding potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yang 123,8 juta orang.

Baca juga : Manchester City Vs Arsenal, Misi Dua Raksasa Berburu Gelar

“Melihat gambaran kondisi tersebut, kami melakukan persia­pan baik secara operasional mau­pun kebijakan dalam pengenda­lian, pengaturan transportasi, dan penanganan secara komprehensif bersama instansi kementerian dan lembaga pada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta swasta,” tutur Menteri Per­hubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Data Kemenhub menunjukkan, daerah asal perjalanan terbanyak pada mudik Lebaran tahun ini, yakni Jawa Timur sebesar 16,2 persen (31,3 juta orang).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.