Dark/Light Mode

193 Juta Orang Bakal Mudik

Perekonomian Makin Moncer

Minggu, 31 Maret 2024 07:10 WIB
Ilustrasi. KHAIRIZAL ANWAR / RM
Ilustrasi. KHAIRIZAL ANWAR / RM

 Sebelumnya 
Disusul Jabodetabek sebesar 14,7 persen (28,43 juta orang), dan Jawa Tengah sebesar 13,5 persen (26,11 juta orang).

Sementara untuk daerah tu­juan terbanyak, yaitu Jawa Ten­gah sebesar 31,8 persen (61,6 juta orang), Jawa Timur 19,4 persen (37,6 juta orang) dan Jawa Barat 16,6 persen (32,1 juta orang).

Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan, tingginya aktivitas masyarakat selama periode Ra­madan dan mudik Lebaran tahun ini bakal ikut menggerakkan perekonomian nasional.

Baca juga : InJourney Group Patok Pemudik Dan Turis Happy

Menurutnya, peningkatan pen­jualan akan terjadi di berbagai sektor. Mulai dari barang-barang kebutuhan pokok, jasa, transpor­tasi, pariwisata, makanan minu­man sampai manufaktur.

“Pergerakan pemudik yang sangat besar juga akan menin­gkatkan konsumsi di daerah, sehingga pertumbuhan ekonomi di daerah juga bakal mening­kat,” kata Esther kepada Rakyat Merdeka, Jumat (29/3/2024).

Apalagi, sebagian besar dari pemudik yang merupakan peker­ja maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), sehingga mereka akan mem­belanjakan uangnya di daerah. Dengan membelanjakan uang THR, konsumsi rumah tangga akan naik.

Baca juga : Gen Z Kudu Dilibatkan Kerek Ekonomi Digital

“Pemudik juga berbelanja dan berlibur di kampung, sehingga pendapatan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pariwisata, restoran, hotel dan cafe di daerah ikut meningkat,” kata Esther.

Kendati begitu, masyarakat diimbau tetap selektif mem­belanjakan uangnya dan harus sesuai dengan kebutuhan.

“Harus ada prioritas. Karena setelah Lebaran kebutuhan akan meningkat. Akan ada tahun ajaran baru bagi anak sekolah, pengeluaran bakal meningkat lagi,” ujar Esther.

Baca juga : Manchester City Vs Arsenal, Misi Dua Raksasa Berburu Gelar

Sebelumnya, Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, Ramadan dan Lebaran tahun ini diharapkan menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi yang diprediksi tetap solid.

“Proyeksi kami, ekonomi nasional bakal tumbuh pada kisaran 5 persen pada tri­wulan Idan II-2024. Secara konsisten, perputaran uang juga diprediksi tetap tumbuh positif,” kata Josua di Jakarta, Sabtu (16/3/2024). NOV

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 7, edisi Minggu, 31 Maret 2024 dengan judul "193 Juta Orang Bakal Mudik Perekonomian Makin Moncer"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.