Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS

RM.id Rakyat Merdeka - Ajang kompetisi teknologi informasi atau information technology (IT) Toyota Fun/Code yang diselenggarakan PT Toyota-Astra Motor, berhasil menarik ratusan peminat. Jumlah peserta yang pada awalnya ditargetkan hanya 200 peserta, membludak hampir 4 kali lipat menjadi 775 peserta yang terbagi dalam 593 tim.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, antusiasme para peserta mengikuti ajang kompetisi Toyota Fun/Code sangat tinggi. Ini sekaligus memberi gambaran besarnya potensi sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi masa depan.
“Kami berharap, kompetisi ini menjadi salah satu ajang yang akan melahirkan professional handal di bidang IT yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan pembangunan Indonesia ke depan,” katanya saat acara final Toyota Fun/Code di Ancol, Minggu (3/11).
Melalui seleksi dewan juri, dari 593 tim yang mengajukan ide proposal, sebagian besar memilih subtema ownership experience dengan komposisi 32 persen dari total ide, diikuti education dengan 22 persen, value chain & trade in 19 persen, eco driving 18 persen, dan disability 9 persen . Melalui penilaian tim juri, 70 tim terbaik berhasil lolos ke babak final.
Baca juga : Lebaran Hari Kedua, Pengunjung Kota Tua Membludak
Ke-70 tim ini diberi kesempatan untuk melakukan proses coding pada tahap HackDay yang berlangsung nonstop selama 24 jam pada 2-3 November 2019. “Proses coding ini menguji kemampuan fisik dan mental serta kecerdasan para peserta dalam menghasilkan aplikasi yang telah direncanakan,” ujar Anton.
Melalui proses coding atau pengembangan aplikasi (application development), dewan juri menyaring 70 tim menjadi 8 tim yang mendapat kesempatan untuk melakukan presentasi dan demo aplikasi. Penilaian dilakukan berdasarkan Kesiapan Aplikasi dengan bobot 20 persen, Fitur dan Kegunaan Aplikasi dengan bobot 20 persen, Masalah yang Bisa Diselesaikan dengan bobot 20 persen, Potensi Pengembangan dengan bobot 15 persen, Kemudahan Tampilan dan Kegunaan dengan bobot 15 persen, dan Kesesuaian dengan Tema dengan bobot 10 persen.
Dewan Juri terdiri dari CTO OVO Budi Kusmiantoro, Managing Director Samsung Research Indonesia Alfred Boediman, Chief Product Officer dan Co-Founder Kitabisa.com Vikra Ijas, Senior VP Tokopedia Herman Widjaja, VP Bukalapak Hendro Riyadi, serta dari manajemen PT Toyota-Astra Motor. Untuk menjamin sistem penilaian, para juri akan menggunakan aplikasi Scora.
Menurut Anton, selain kesiapan aplikasi, penetapan tim pemenang juga didasarkan atas kriteria kemampuan mengatasi masalah yang dihadapi aplikasi, potensi pengembangan aplikasi, dan kemudahan dalam penggunaan yang didukung oleh tampilan aplikasi, serta kesesuaian aplikasi dengan tema.
Baca juga : Dukung Vokasi, Toyota Sumbang 25 Mobil
Berdasarkan hasil penilaian akhir dari dewan juri, tim Ga Chibi yang menghadirkan aplikasi RENTO berhasil mendapatkan nilai tertinggi sehingga berhak meraih predikat juara pertama Toyota Fun/Code. Juara kedua diraih Tim NL_Lone yang menghadirkan aplikasi digital DEFINO (Deaf Assistant of Toyota). Sedangkan juara ketiga diraih Tim Focus AR dengan ide aplikasi IMMERSIVE EDU.
Anton berharap, aplikasi digital yang menjadi pemenang ini mampu terus berkembang secara berkelanjutan sebagai sebuah bisnis rintisan, dan mendukung Toyota dalam upaya makin meningkatkan pengalaman berkendara terbaik bagi masyarakat di Indonesia. “Aplikasi tersebut juga diharapakan dapat menjadi solusi dalam masalah otomotif, seperti keselamatan berkendara, mengurangi frekuensi kecelakaan, dan juga layanan kendaraan,” kata Anton.
Rangkaian Toyota Fun/Code telah berlangsung sejak Agustus 2019, dimulai dengan roadshow untuk mensosialisasikan program kompetisi ini dan sekaligus memberikan workshop kepada peminat. Roadshow diselenggarakan di tiga kota besar yaitu Jakarta pada 29 Agustus, Bandung pada 12 September, dan Jogjakarta pada 19 September. Tahap pendaftaran dimulai pada 8 Agustus 2019 secara online melalui website https://toyotafuncode.id.
Toyota Fun/Code merupakan salah satu wujud komitmen Toyota dalam mendukung program pengembangan sumber daya manusia di Indonesia yang tengah digalakan pemerintah untuk menghadapi tantangan industry 4.0. Kegiatan ini juga bagian dari semangat Let’s Go Beyond, mendorong dan mengajak masyarakat mewujudkan harapan yang lebih tinggi di era industry 4.0, yang ditandai perkembangan teknologi digital yang begitu pesat dengan berbagai tantangan gelombang disruptif yang mengikutinya. [DIT]
Baca juga : Pemprov NTT Gelar Festival Sarung Tenun
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya