Dark/Light Mode

Investasi Energi Terbarukan: Jalan Menuju Sustainable

Rabu, 1 Mei 2024 22:31 WIB
Solar Panels Project for Energy Saving (Foto: freepik)
Solar Panels Project for Energy Saving (Foto: freepik)

Ketika krisis iklim dan kekhawatiran akan ketidakpastian pasokan bahan bakar fosil yang terjadi pada tahun 1970-an, IRENA (International Renewable Energy Agency) hadir membawa optimisme dan minat akan optimalisasi penciptaan energi terbarukan di tengah gempuran perubahan iklim yang terjadi dan harapan akan pembangunan berkelanjutan. Investasi energi terbarukan menjadi harapan akan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.  

Berdasarkan data terbaru, IRENA mengalokasikan investasi yang diperlukan pada dekade ini sebesar 5,7 triliun dolar AS per tahun hingga 2030.  Dorongan akan lonjakan investasi ini berdasarkan pengakuan negara-negara terikat akan urgensi yang ada dan solusi mendesak yang dibutuhkan. Dengan fokus teknologi dan inovasinya, IRENA terus mendorong pergerakan solusi atas permasalahan iklim akibat emisi gas rumah kaca dan mempercepat transisi ekonomi rendah karbon. 

Renewable Energy Investment menjadi solusi atas permasalahan saat ini. Investasi pada energi terbarukan dapat dilakukan untuk kelangsungan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Beberapa negara seperti Amerika dan China menyadari harus adanya perubahan kebiasaan dalam penggunaan energi dari fosil menjadi energi terbarukan guna mengatasi permasalahan iklim saat ini.

Adanya renewable energy investment, ketergantungan pada bahan bakar fosil penyebab emisi gas rumah kaca dapat dibatasi dan berkurang. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan potensi sumber daya energi terbarukan, menjadi langkah strategis dalam pengalokasian investasi energi terbarukan. 

Baca juga : 5 Tips Atasi Kendaraan Mogok Di Jalan, Jangan Lupa Bawa Jump Starter

Pemerintah Indonesia juga menunjukan komitmen nya dalam mendukung energi terbarukan sebagai bagian dari strategi nasional serta penyusunan kebijakan yang akan berlangsung. Dengan adanya dukungan dari IRENA, Indonesia dapat mempercepat transisi menuju energi bersih dan terbarukan.

Dengan kebijakan progresif dan insentif investasi yang dipercayakan, Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam pemanfaatan energi terbarukan. Dengan menyatukan visi misi negara pendorong kemajuan energi terbarukan, tujuan dari IRENA dapat terealisasikan. 

Baca juga : Menteri ESDM Rayu Perusahaan Belanda

Investasi pada energi terbarukan memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan di Indonesia. Program ini dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap energi yang bersih dan terjangkau. Pemanfaatan sumber daya, kualitas hidup yang meningkat, dan ekonomi negara yang dapat didongkrak. Untuk memaksimalkan hal tersebut, pemerintah juga perlu mendorong kebijakan dan regulasi yang jelas untuk mendukung penggunaan energi terbarukan seperti pemberian insentif pajak dan subsidi untuk industri energi terbarukan. 

Insentif ini dapat secara signifikan mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan yang lebih luas dan mengurangi kendala keuangan, serta menekan biaya awal yang tinggi untuk mengadopsi teknologi hijau. Selain itu, insentif keuangan untuk program penelitian dan pengembangan sangat penting untuk mengatasi hambatan teknologi, menekan pentingnya kerjasama antara pemain industri dan lembaga riset untuk mempercepat inovasi. Memastikan penegakan kebijakan dan standar yang konsisten merupakan hal yang penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi investasi energi terbarukan.

Baca juga : Pelita Air Terapkan Kebijakan Karbon Netral Saat Kartini Flight

Selain itu, edukasi terhadap masyarakat tentang kesadaran pengembangan energi terbarukan juga diperlukan. Dengan adanya dukungan yang kuat dan kolaborasi antara IRENA, masyarakat, dan pemerintah, Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam pengembangan energi terbarukan tingkat global dan membawa dampak positif jangka panjang. 

Zahra Aulia
Zahra Aulia
Mahasiswa tahun kedua yang peduli dengan lingkungan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.