Dark/Light Mode

Perkuat Solidaritas, 42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta

Kamis, 18 April 2024 11:07 WIB
Presiden KSPSI Andi Gani. (Foto: Ist)
Presiden KSPSI Andi Gani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 42 delegasi pimpinan buruh Asia Pasifik yang tergabung dalam International Trade Union Confederation Asia Pasific (ITUC-AP) melakukan pertemuan di Jakarta pada Rabu (17/4/2024).

Berkumpulnya pimpinan buruh Asia Pasifik dalam rangka Welcome Dinner Regional Pre International Labour Conference (ILC) Meeting. 

Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menyambut langsung 42 pimpinan buruh yang berasal dari Australia, India, Korea Selatan, Jepang, dan negara-negara lainnya. 

Baca juga : PJ Gubernur Heru Harap Bank DKI Terus Bertumbuh Bersama Kota Jakarta

Sementara, mereka yang hadir dalam welcome dinner yaitu, Presiden ITUC Asia Pasific Felix Antony, Sekretaris Jenderal ITUC Asia Pasific Shoya Yoshida, dan delegasi pimpinan buruh lain. 

Andi Gani mengungkapkan, pertemuan ITUC Asia Pasific membahas permasalahan ketenagakerjaan dan juga mempersiapkan materi pertemuan ILC di Jenewa, Swiss. 

"Berkumpulnya para pimpinan buruh di Asia Pasifik ini menegaskan bahwa solidaritas di antara buruh sangat kuat," kata Andi Gani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/4/2024). 

Baca juga : Sowan Ke Pj Heru, Menteri AHY Bahas Konsolidasi Tanah Vertikal Di Jakarta

Andi Gani mengatakan, pertemuan ini sekaligus akan memperkuat kerja sama antara buruh Indonesia dengan Asia Pasifik. Yakni, meliputi pengawasan ketenagakerjaan dan K3, hubungan industrial, dan jaminan sosial di Indonesia.

"Adanya kerja sama ini tentu akan memperkuat perjuangan buruh Indonesia. Isu-isu ketenagakerjaan yang selama ini diperjuangkan akan bisa didengar bukan hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri," jelasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Andi Gani juga memberikan piagam penghargaan untuk Presiden Direktur PT NOK Indonesia Masaji Sakamoto karena mewujudkan hubungan industrial yang sangat baik dengan serikat pekerja.

Baca juga : Solidaritas Buruh Ajak Persatuan Pasca Keputusan KPU

Selain itu, Andi Gani menyerahkan piagam penghargaan untuk Pimpinan Unit Kerja Kimia Energi Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK KEP SPSI) PT NOK Indonesia atas keberhasilan mengembangkan kesejahteraan dan kemandirian organisasi dengan membangun koperasi pekerja yang asetnya mencapai Rp 28 miliar. 

Untuk diketahui, ITUC-AP merupakan konfederasi buruh dunia di tingkat Asia Pasifik. ITUC berpusat di Brussel, Belgia dengan anggota 168 negara dan 250 juta buruh di seluruh dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.