Dark/Light Mode

Gelar Halal Bihalal, Rektor Unisba Ajak Civitas Akademika Tingkatkan Kinerja

Rabu, 24 April 2024 08:32 WIB
Rektor Unisba Prof Edi Setiadi.
Rektor Unisba Prof Edi Setiadi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar halal bihalal sekaligus silaturahmi Idul Fitri yang diikuti oleh ratusan civitas akademikanya di Aula Unisba, Senin (22/4/2024). 

Silaturahmi digelar untuk semakin memperkuat komitmen membangun Unisba agar menjadi lebih baik lagi. 

Rektor Unisba Prof Edi Setiadi mengatakan, di masa depan sebagai wujud dari ketaqwaan agar mengembangkan kebiasaan yang bersumber dari Al-Qur’an.

Baca juga : Saat Halal Bihalal, Prabowo Bahas Peluang Banteng Masuk Koalisi

Yaitu, saling menasehati untuk berpegang teguh kepada kebenaran (tawa shaubil haq), saling menasihati untuk bersabar (tawa shaubil shabr), saling menasihati untuk saling berkasih sayang (tawashaubilmarhamah), dan saling menolong dalam kebaikan dan dalam melaksanakan taqwa (taawanualal birri wataqwa).

"Dalam suasana Unisba yang terus mengembangkan sayap kebudayaannya demi kemaslahatan umat, maka sikap-sikap seperti ini merupakan rujukan utama dan diimplementasikan dalam mengelola Unisba secara bersama-sama," ungkap Edi dalam keterangan resminya, Rabu (23/4/2024).

Dirinya mengingatkan untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang merusak apalagi yang melanggar hukum agama dan hukum nasional yang akan menjauhkan dari tujuan utama dalam membangun Unisba.

Baca juga : Gelar Halalbihalal Di Rumah Dinas, Wapres Terima Para Menteri Dan Duta Besar

"Fokus concern hendaknya tetap istiqamah menghasilkan para sarjana yang kompeten dan berakhlakul karimah, menjadikan mereka intelektual yang ulama dan ulama yang intelektual dengan tetap berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadits sebagai dasar pijakan," ujarnya.

Menurutnya, dalam mewujudkan hal tersebut dengan menghindar dari perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam Al-Qur'an seperti tidak saling mencaci (latahmizuanfusakum), tidak saling memata-matai keburukan orang lain (la tajassasu), dan tidak saling menolong dalam dosa dan permusuhan (la ta'awanualal ismi waludwan).

Ia mengajak agar di bulan Syawal ini untuk dapat memfokuskan kembali pusat perhatian dalam merawat, menjaga dan membesarkan Unisba. 

Baca juga : Lebaran Idul Fitri, Menko PMK Ajak Masyarakat Bersikap Moderat

"Dinamika yang terjadi selama ini harus menjadi ibroh bagi kita semua, ternyata dalam perjuangan itu selalu ada kerikil-kerikil," jelasnya. 

Kepada dosen, rektor berpesan agar tetap berada pada jalur pewaris ilmu dan hikmah kepada mahasiswa dan masyarakat. 

"Pengembangan sayap peradaban berada di tangan dosen. Untuk itu diperlukan sikap dan keteladanan. Hindari perbuatan-perbuatan yang tidak bernilai sedikitpun, serta fokuslah dalam pembinaan akademik untuk diri sendiri dan kemajuan mahasiswanya," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.