Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Malam Ini, Pesut Etam Tetap Ngotot Kejar Poin

Kamis, 14 Maret 2024 15:39 WIB
Para pemain Borneo FC Samarinda. (Foto : ist)
Para pemain Borneo FC Samarinda. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Kamis (14/3) kick off pukul 20.30 WIB, Borneo FC Samarinda tidak akan mengendorkan tenaganya saat menghadapi PSS Sleman pada pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Manahan, Solo.

Borneo kokoh di puncak klasemen dengan 61 poin atau berselisih 15 dari Persib di posisi kedua. Hasil itu memastikan Borneo masuk 4 besar yang akan berlaga di Championship.

Namun pelatih Borneo FC Pieter Huistra tetap minta anak asuhnya bekerja keras menargetkan tim meraih poin penuh.

Sebab tambahan tiga poin itu penting untuk mengukuhkan posisi di puncak klasemen.

"Melawan PSS Sleman, kami akan bekerja keras dan mungkin PSS Sleman sedikit berbeda di beberapa pertandingan terakhir. Namun, kami harus fokus mengenai tim kami saja," ujar pelatih asal Belanda itu.

Baca juga : Divaldo Puji Semangat Tempur Fergonzi Cs Bekuk Arema FC

"Kami ada momen bagus dan harus mencoba mendapatkan hasil yang baik. Kami harus bekerja keras dan selalu siap dalam situasi apapun agar performa kami tetap bagus," imbuhnya.

Meski tim sudah memastikan diri lolos ke babak Championship Series, Pieter Huistra mengatakan kemenangan demi kemenangan yang didapatkan di tiap pekan bagus untuk modal Diego Michiels dkk berlaga di Championship Series.

"Motivasi kami adalah mempertahankan peringkat pertama. Ini sudah ada di trek yang bagus, jadi kami harus menahan di peringkat pertama klasemen. Saya senang semua pemain bekerja keras," ujar Pieter Huistra.

"Sebelum kompetisi mulai, kami sudah tahu kalau ada Championship Series, dan target pertama adalah harus lolos. Sekarang kami sudah lolos ke fase itu. Kami masih ada waktu bermain di home dan away," sambungnya.

Sementara itu PSS yang masih tertahan di papan bawah klasemen posisi ke-15 dengan perolehan 31 poin. Mereka juga sedang dalam tren buruk menderita kekalahan di tiga pertandingan terakhirnya. 

Baca juga : Persija Rawan Masuk Zona Degradasi

"Saya berekspektasi laga yang bagus dan hal berbeda akan terjadi dengan PSS. Kami telah mempersiapkan tim seperti biasa. Kami lebih suka fokus terhadap diri kami sendiri. Baik formasi yang bagus, ketajaman yang bagus, posisi mental yang bagus," tandasnya.

PSS sendiri saat ini memang tengah dalam upaya keras untuk dapat menjauh dari zona merah. Tim dengan warna kebesaran hijau masih berkutat di peringkat ke-15 atau empat terbawah.

Dengan koleksi 31 poin, catatan PSS ini hanya berjarak tiga poin saja dari Persita Tangerang yang ada di zona degradasi yakni peringkat ke-16 dengan 28 poin.

Menghadapi Borneo FC yang ada di top perform, PSS wajib mengerahkan kemampuan terbaiknya. Catatan 17 laga tak terkalahkan milik Borneo FC dimana 7 laga terakhir dilalui dengan kemenangan beruntun menjadi bukti sang lawan adalah memiliki kekuatan yang sangat kokoh.

Bandingkan dengan PSS yang sedang tertatih-tatih dengan tiga laga terakhir hanya mencatat satu kali imbang dan dua kali kalah. 

Baca juga : Pelatih Persis: Ramadhan Bikin Pemain Lebih Sehat

“Laga lawan Borneo FC adalah laga yang penting bagi PSS. Kita akan coba menampilkan permainan yang sudah kita siapkan dalam latihan. Bagaimana kita bertahan, bagaimana kita menyerang. Harapannya semua bisa tampil 100 persen untuk dapat meraih tiga poin di laga krusial nanti,” kata pelatih PSS, Risto Vidakovic.

Diakui pelatih dengan lisensi UEFA Pro ini, laga lawan Borneo FC nanti adalah pertandingan yang tak mudah. 

“Ini akan jadi laga yang sangat sulit karena Borneo FC ada di puncak. Mereka adalah tim yang sangat bagus dan disiplin dalam taktikal. Tapi kita sudah siapkan semua. Harapannya pemain dapat main enjoy untuk dapat makin termotivasi memberikan yang terbaik dengan persiapan yang sudah kita lakukan,” Risto menambahkan.

Ungkapan senada juga dilontarkan pemain PSS, Elvis Kamsoba. “Pada laga terakhir lalu, PSS belum bisa tampilkan performa terbaik. Saya harap laga lawan Borneo FC nanti kita bisa tampilkan yang terbaik untuk mendapatkan poin kemenangan,” pungkas Elvis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.