Dark/Light Mode

IAPI Komit Para Akuntan Publik Baru Menjunjung Tinggi Kode Etik Profesi

Selasa, 30 April 2024 09:44 WIB
Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menyelenggarakan pengambilan sumpah dan janji profesi akuntan publik, di Jakarta, Senin (29/4/2924). (Foto: Istimewa)
Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menyelenggarakan pengambilan sumpah dan janji profesi akuntan publik, di Jakarta, Senin (29/4/2924). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menyelenggarakan pengambilan sumpah dan janji profesi akuntan publik, di Jakarta, Senin (29/4/2924).

Acara ini diikuti oleh 30 akuntan publik dari berbagai daerah di Indonesia. Gelaran rutin tahunan ini sukses diselenggarakan IAPI sebanyak 22 kali sejak 2021.

Pengambilan sumpah dan janji profesi akuntan publik merupakan amanat dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IAPI.

Acara ini menjadi simbol komitmen para akuntan publik baru untuk menjunjung tinggi kode etik profesi dan memberikan layanan profesional yang berkualitas dengan penuh integritas dan objektivitas,"ujar Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja dalam keterangannya, Senin (29/4/2024).

Hendang mengatakan, Bukan hanya pertumbuhan akuntan publik di Indonesia saja yang dikejar, tetapi kualitas akuntan publik juga sangat penting.

Baca juga : ASABRI Komit Dukung Keterbukaan Publik Bersama 5 BUMN Lainnya

Ia selalu mengingatkan bahwa profesi akuntan publik sebagai trusted professional harus senantiasa menjalankan praktik bukan saja sesuai perundang-undangan di Indonesia.

"Hal melainkan juga sesuai dengan kode etik profesional akuntan publik dan standar profesional akuntan publik yang menggunakan rujukan dari IAASB-IFAC,” kata Hendang.

Himbauan peningkatan kompetensi ini tidak lepas dari telah ditandatanganinya ASEAN Mutual Recognition Arrangement Framework on Accountancy Services (MRA Framework).

Anggota IAPI yang telah memiliki gelar Certified Public Accountant (CPA) dapat berkiprah pada bidang akuntansi di tingkat regional ASEAN yang harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, salah satunya adalah tergabung dalam ASEAN Chartered Professional Accountant (ASEAN CPA) yang dapat mendaftar melalui IAPI.

Ketua Komite Keanggotaan dan Advokasi IAPI Habib Basuni mengatakan, saat ini jumlah akuntan publik di Indonesia sebanyak 1.598 orang.

Baca juga : September, Paus Fransiskus Akan Berkunjung Ke Indonesia

Jumlah sekian tentu belum sebanding dengan kebutuhan. Artinya, profesi yang satu ini masih sangat menjanjikan karena pasar akuntan publik belum tergarap sepenuhnya.

”Pangsa pasar akuntan publik masih sangat terbuka lebar tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri,” tutur Habib Basuni.

Sebelum acara pengambilan sumpah dan janji profesi akuntan publik, terlebih dahulu diselenggarakan acara halalbihalal IAPI. Acara tersebut tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan, temu kangen, dan memperluas jaringan profesional di antara sesama akuntan publik di tanah air.

“Kami berharap acara ini dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar-akuntan publik dalam menjaga kredibilitas profesi,” ujar Habib Basuni.

IAPI juga menggelar Pelatihan Profesional Berkelanjutan (PPL) bagi para akuntan publik.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Gercep Tuntaskan Polemik Penunjukan Plt Kepala OPD

PPL bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para akuntan publik dengan membahas isu-isu terkini di bidang akuntansi dan keuangan.

Hendang mengatakan, PPL ini sangat penting untuk memastikan para akuntan publik selalu up-to-date dengan perkembangan terbaru di bidang audit dan asurans, termasuk sustainability assurance serta jasa non-assurans di bidang akuntansi, keuangan, dan perpajakan.

"Dengan mengikuti PPL, para akuntan publik diharapkan dapat memberikan layanan terbaik kepada klien mereka,”ujar Hendang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.