Dark/Light Mode

Luncurin Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis

Kadin Dorong Perkuat Kepercayaan Investor

Jumat, 10 Mei 2024 07:05 WIB
Peluncuran Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI), di Jakarta, Rabu (8/5/2024). (Foto: Dok. Kadin Indonesia)
Peluncuran Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI), di Jakarta, Rabu (8/5/2024). (Foto: Dok. Kadin Indonesia)

 Sebelumnya 
Selanjutnya, pengurus LMSB-KI merupakan tenaga profesional yang bekerja secara independen dan wajib melapor kepada Ketua Umum Kadin Indonesia selaku penanggung jawab, bila ada pihak yang tidak melaksanakan kesepakatan perdamaian yang dikeluarkan oleh lembaga.

Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indo­nesia Dhaniswara K Harjono menerangkan, ada dua layanan yang ditawarkan LMSB. Per­tama, mediasi komersial.

Kedua, mediasi probono untuk UMKM yang telah terkurasi se­suai standar, serta layanan pem­binaan dalam bentuk pelatihan mediator. Dan sertifikasi serta akreditasi mediator.

Baca juga : InJourney Pede Borobudur Dikunjungi 50 Ribu Orang

“Seluruh layanan ini diper­lukan dalam ekosistem bisnis Indonesia yang sangat dinamis. Lembaga Mediasi Sengketa Bis­nis nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota Kadin dan pengusaha Indonesia, baik dari skala kecil, menengah, hingga besar,” ucap Dhaniswara.

Guna menunjang peran LMSBsecara efisien dan efektif, Kadin berkolaborasi dengan sejumlah mitra strategis. Mulai dari pelaku usaha di bidang UMKM dan koperasi, industri, perdagangan, serta asosiasi dan himpunan kemente­rian hingga lembaga terkait.

Seperti Mahkamah Agung (MA), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kemen­terian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Investasi/Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) dan lainnya.

Baca juga : Awas, Penyakit TBC Seperti Kapal Selam

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Adminis­trasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Cahyo Ra­hadian Muzhar menjelaskan, pasca-pandemi Covid-19 terjadi peningkatan sengketa bisnis.

Dia berharap, LMSB-KI dapat berperan sebagai mediator dunia usaha yang bersengketa.

Cahyo mengatakan, kehadiran LMSBdapat memberi keper­cayaan pelaku bisnis terhadap dunia usaha atas kepastian hu­kum saat ini.

Baca juga : Di Final, Los Blancos Disambut Die Borussen

“Dunia usaha khususnya in­vestor asing cenderung memilih penyelesaian sengketa di luar negeri daripada di Indonesia,” ujar Cahyo. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Jumat, 10 Mei 2024 dengan judul "Luncurin Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Dorong Perkuat Kepercayaan Investor"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.