Dark/Light Mode

Industri Transportasi dalam Menghadapi Hadirnya Artificial Intelligence

Senin, 1 Juli 2024 21:51 WIB
Ilustrasi industri transportasi
Ilustrasi industri transportasi

Kemajuan teknologi sudah menjadi hal yang sangat krusial pada saat ini. Kemajuan teknologi salah satunya yaitu di bidang transportasi. Dengan adanya mobil listrik, kereta listrik, pesawat terbang, dan lain sebagainya, membuktikan bahwa kemajuan teknologi membantu bidang transportasi terus berinovasi dan evolusi. Kemajuan tersebut didorong kehadiran Artificial Intelligence (AI).

AI atau kecerdasan buatan sudah bukan menjadi hal yang asing lagi pada abad 21 ini. Istilah AI sendiri pertama kali muncul pada konferensi Dartmouth tahun 1956. Namun, secara konsep penerapan AI ini sudah ada jauh sebelum itu.

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlin, AI adalah kemampuan suatu sistem dengan menafsirkan data eksternal dengan benar, belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel.

Pengaruh AI pada Transportasi

Pada saat ini, banyak dari kita tidak dapat menghindari hadirnya AI dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari. Dalam kemajuan transportasi, AI sangat banyak berperan. Terkadang kita juga tidak menyadari ketika menggunakan suatu alat yang memanfaatkan AI.

Lantas, apasih manfaat AI? Berikut adalah contoh penerapan AI dalam bidang transportasi.

  1. Diagnosa Kerusakan Kendaraan

Berdasarkan fungsinya, AI bertujuan untuk melakukan pekerjaan seperti dan sebaik manusia. Dalam hal kendaraan, seringkali kerusakan kecil tidak kita menyadarinya. Ketika kendaraan mengalami kerusakan yang signifikan, saat itulah kita menyadarinya. Karenanya, perlu menghadirkan AI dalam deteksi kerusakan sebelum akhirnya menjadi kerusakan yang parah. Salah satu implementasi dari hal ini sudah ada dalam deteksi kerusakan pada mobil. Implementasinya berupa AI untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil dengan metode Dempster Shafer berbasis codeigniter.

  1. Fitur Auto Pilot (Self Driving)

Baca juga : Bank DKI Raih Penghargaan Pada Ajang The 21st Annual Selular Award 2024 

Gambar 1.2.

Fitur auto pilot memungkinkan kendaraan berjalan sendiri dengan bantuan AI. AI akan menganalisa lingkungan sekitar sehingga dapat mengemudikan kendaraan, umumnya mobil, dengan baik. 

Namun, penggunaan teknologi ini tidak bisa sepenuhnya menyerahkan kemudi kepada AI. Meskipun menggunakan mode auto pilot, banyak kemungkinan yang tidak diingikan dapat terjadi. Oleh karena itu, untuk alasan keamanan. penggunaannya harus tetap dalam pengawasan kita.

  1. Traffic Management

Ketika dalam perjalanan, kita kerap menemukan permasalahan, seperti kemacetan dan lain sebagainya. Tentunya banyak dari kita yang tidak ingin mengalami hal tersebut. Maka dari itu, penerapan teknologi AI sangat dapat berkontribusi dalam hal ini. 

AI dapat menganalisa kondisi yang sedang terjadi di jalanan. Dengan sensor dan kamera yang ada di jalanan, dapat terhimpun data dan mengirimkannya ke dalam sebuah cloud. Dengan hal tersebut, menggunakan pola analitik big data dan juga analisa AI dalam menyimpulkan kondisi jalanan. 

Kita manfaatkan dalam hal itu untuk memilih rute terbaik yang akan dilewati. Seperti halnya menghindari kemacetan ataupun memilih rute jalan terpendek, mengetahui kondisi jalanan, serta meningkatkan keselamatan.

Baca juga : Chandra Asri Berkolaborasi Dengan Berbagai Mitra Resmikan Aspal Plastik di Bali

Kesimpulan

Dengan AI, sangat banyak inovasi dalam bidang transportasi. Pemanfaatan AI dalam bidang ini cukup dapat mempermudah kita. Seperti mengurangi emisi karbon dengan adanya mobil autopilot berbasis mobil listrik. Pemanfaatan lainnya juga peningkatan keselamatan penumpang, meminimalisir kemacetan dan lain sebagainya.

Sumber: 

    K. B. A. Herwanto, R. E. Latumahina, “Bentuk Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Mobil Auotonomous Terhadap Kecelakaan Akibat Gagalnya Sistem,”  Vol. 3 No. 1, April 2023. https://bureaucracy.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/205 

    S. H. Supena, “Sistem Logistik dan Ketahanan Nasional Konsepsi Pengelolaan Lalu Linntas Transportasi Logistik Nasional Melalui Pendekatan Intelijen Buatan (AI),”  Widina Bakti Persada Bandung, 2023. https://repository.penerbitwidina.com/publications/560140/sistem-logistik-dan-ketahanan-nasional-konsepsi-pengelolaan-lalu-lintas-transpor 

Baca juga : Pengamat: Transportasi Hanya Bagian Kecil Dari Naiknya Biaya Produk Industri

    M. R. Tsani, “Artificial Intelligence Diagnosa Kerusakan Mobil Dengan Algoritma Dempster Shafer Berbasis Codeigneter,” Smart Comp Vol. 10 No. 3 Oktober 2021. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2321350&val=9480&title=Artificial%20Intelligence%20Diagnosa%20Kerusakan%20Mobil%20dengan%20Algoritma%20Dempster%20Shafer%20Berbasis%20Codeigneter 

    E. S. Eriana, A. Zein, “Artificial Intelligence (AI),” Eurika Media Aksara, Purbalingga, Desember 2023. https://repository.penerbiteureka.com/publications/567027/artificial-intelligence-ai 

    M. A. Abdussyukur, “Menganalisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence,” Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa, 2023. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/SAINTEK/article/view/2152 

Muhammad Fadli Tambunan
Muhammad Fadli Tambunan
Mahasiswa

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.