Dark/Light Mode

Ini Hasil Evaluasi Menko Airlangga Usai Hadiri Simulasi Makan Siang Di Tangerang

Kamis, 29 Februari 2024 17:58 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri simulasi makan siang
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri simulasi makan siang

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri simulasi program makan siang "Anak Sehat dan Sejahtera" (Aksara) di SMPN 2 Curug Kabupaten Tangerang, Kamis (29/2).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan gizi anak sekolah, memberdayakan UMKM sekitar, dan meningkatkan ketahanan pangan lokal.

Menko Airlangga mengapresiasi program Aksara. Menurutnya, simulasi ini menunjukkan bagaimana program tersebut dijalankan dan multiplier effect-nya. 

Baca juga : Jadi Utusan Khusus Airlangga, Bang Zaki Simulasikan Program Makan Siang Gratis

“Dari simulasi ini kita ingin melihat ‘bolts and nuts’ dari program makan siang ini. Mulai dari adanya 3 tipologi sekolah, kemudian juga infrastruktur, plus yang kita ingin lihat itu bagaimana mekanisme atau SOP antara sekolah dan UMKM. Nah, multiplier effect-nya seperti apa,” kata Menko Airlangga.

Ia juga mengapresiasi SMPN 2 Curug atas program-programnya yang fokus pada kesehatan dan lingkungan. Selain progran Aksara, SMPN 2 Curug ini juga punya program Program Kantin Sehat dan Bersih, Program Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki) dan Program Gerakan Bersama Rakyat Tangani Stunting (Gebrak Tegas).

Ketum Partai Golkar ini menilai Kabupaten Tangerang cocok menjadi lokasi pilot project program makan siang karena memiliki tiga topologi sekolah yakni sekolah di perkotaan, pedesaan, dan pesisir.

Baca juga : KPTIK Siap Fasilitasi Program Hilirisasi Digital yang Digaungkan Gibran

Dari simulasi ini,  Airlangga juga melihat munculnya kesadaran tentang pentingnya literasi gizi. Karena tujuan utama program makan siang di sekolah adalah untuk gizi anak-anak yang lebih baik.

"Dari simulasi ini bisa dilihat berapa biaya yang pas, dan menu apa saja yang disediakan, jenis protein apa saja yang bisa digunakan. Berbagai protein dicoba," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyapa para siswa-siswi SMPN 2 Curug dan menyampaikan hasil evaluasi program simulasi makan siang.

Baca juga : Harapan Menko Airlangga, Setelah OECD Resmi Buka Diskusi Aksesi Dengan Indonesia

"Evaluasinya, menunya cocok, kalori dan gizinya masuk, kemudian anak-anak senang, UMKM terlibat. Jadi, itu esensi dari ekosistem," pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Tangerang Andi Ony, Bupati Tangerang Periode 2013 – 2018 dan periode 2018 – 2023 Ahmed Zaki Iskandar, Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto, Staf Khusus Kemenko Perekonomian Irfan Wahid, Kepala Sekolah, jajaran, dan guru-guru SMPN 2 Curug.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.