Dark/Light Mode

Punya Peta Jalan Di Sektor Energi

Kita Optimistis Mampu Capai Nol Emisi Karbon

Senin, 27 Mei 2024 07:00 WIB
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di Nikkei Forum Future of Asia, Tokyo, Jepang. (Foto: Humas Kementerian ESDM)
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di Nikkei Forum Future of Asia, Tokyo, Jepang. (Foto: Humas Kementerian ESDM)

 Sebelumnya 
Menurut Arifin, RI juga men­dorong hilirisasi komoditas tam­bang mineral yang mendukung pengembangan ekosistem energi baru dan terbarukan.

Transisi ke kendaraan listrik juga menjadi strategi utama untuk melakukan dekarbonisasi transportasi yang mampu mengurangi emisi, sekaligus mendukung dekarbonisasi sektor ketenagalistrikan.

Sedangkan dari segi pembiayaan, terdapat sejumlah ini­siatif mulai dari Just Energy Transition Partnership (JETP) AZEC, dan IPEP yang saat ini sedang berlangsung.

Baca juga : Hate Dan Love, Jukir Dibenci Tapi Dibutuhkan Agar Parkir Aman

Namun demikian, menurut­nya, masih diperlukan dukungan finansial lebih jauh untuk mem­percepat pencapaian NZE.

Selain itu, kata dia, pengem­bangan teknologi pada skala industri perlu untuk diakselerasi dan dipermudah untuk memak­simalkan pemanfaatan energi terbarukan.

“Indonesia memperluas hilir industri pengolahan mineral untuk membangun ekosistem dan rantai pasokan yang men­dukung transisi energi, serta menciptakan lapangan kerja baru,” ujar Arifin.

Baca juga : Nasib Ten Hag Belum Aman

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang ini menekankan, program transisi energi bersih harus memberikan dampak yang positif kepada masyarakat. Tran­sisi energi juga bisa diwujudkan dengan mendorong kolaborasi antarnegara.

“Kerja sama antarnegara maju, berkembang dan tidak berkem­bang harus diperkuat untuk saling mengisi kesenjangan, supaya no one left behind,” ujarnya. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Senin, 27 Mei 2024 dengan judul "Punya Peta Jalan Di Sektor Energi Kita Optimistis Mampu Capai Nol Emisi Karbon"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.