Dark/Light Mode

Bayar Kompensasi Energi 2023 Ke PLN Dan Pertamina

Pemerintah Buktikan Pacu Roda Perekonomian Rakyat

Minggu, 2 Juni 2024 07:05 WIB
Ilustrasi Subsidi Listrik dan BBM.
Ilustrasi Subsidi Listrik dan BBM.

 Sebelumnya 
Dengan program ini, pihaknya punya visibility, baik itu yang terkait revenue maupun penge­luaran cost, mulai dari jangka pendek, menengah dan panjang.

“Sehingga pengelolaan keuangan lebih optimal dan efisien,” akunya.

Meskipun dihadapkan berbagai tantangan perekonomian, perse­roan tetap berkomitmen mendor­ong pertumbuhan kinerja.

Baca juga : Airlangga Pede RI Jadi Negara Maju

Terpisah, Direktur Utama Per­tamina Nicke Widyawati menga­takan, Pemerintah melalui Kemen­terian Keuangan (Kemenkeu) juga telah menuntaskan pembayaran kompensasi BBM 2023.

Yakni atas kekurangan pen­erimaan akibat penetapan harga jual eceran Jenis BBM Tertentu (JBT) Minyak Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Bensin (Gasoline) RON90 atau Pertalite tahun 2023, sebesar Rp 43,52 triliun (termasuk pajak), atau Rp 39,20 triliun (tidak termasuk pajak).

Ia mengungkapkan, besaran nilai kompensasi selisih harga jual formula dan harga jual eceran di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) atas kegiatan peny­aluran JBTMinyak Solar dan JBKP Pertalite tersebut, nilainya telah di-review oleh Inspektorat Kemen­terian Keuangan (Itjen Kemenkeu) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Baca juga : Selama 4 Tahun, DKI Alami 5.170 Bencana

Pihaknya juga berterima kasih, Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) atas du­kungannya kepada perseroan.

Nicke bilang, dana kompensasi BBM yang telah disalurkan Per­tamina pada triwulan IV-2023, sudah masuk kas perseroan. Hal tersebut merupakan wujud dukungan penuh Pemerintah kepada Pertamina, untuk men­jaga keberlangsungan layanan operasional BBM bersubsidi.

“Serta mendukung working capital dan memperbaiki rasio-rasio keuangan perusahaan,” ujar Nicke melalui siaran pers, Kamis (23/5/2024).

Baca juga : Cari Formasi Dan Strategi Jitu

Selain itu, dana kompen­sasi ini tak hanya menjaga ke­berlangsungan pendistribusian BBM, tetapi juga untuk mendu­kung keberlangsungan program BBM Satu Harga.

Ia menilai, dengan menyediakan BBM Bersubsidi, yaitu JBT Solar dan JBKP Pertalite, menunjukkan upaya Pemerintah dalam melind­ungi daya beli masyarakat. IMA

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Minggu, 2 Juni 2024 dengan judul "Bayar Kompensasi Energi 2023 Ke PLN Dan Pertamina Pemerintah Buktikan Pacu Roda Perekonomian Rakyat"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.