Dark/Light Mode

CIMB Niaga Kerja Sama Pembiayaan Syariah Hijau Dengan NWP Property Senilai Rp 300 Miliar

Rabu, 5 Juni 2024 11:02 WIB
CIMB Niaga dan PT Nirvana Wastu Jaya Pratama (NWJP), menjalin kerja sama dalam bidang pembiayaan syariah, dengan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ). (Foto: Dok. CIMB Niaga)
CIMB Niaga dan PT Nirvana Wastu Jaya Pratama (NWJP), menjalin kerja sama dalam bidang pembiayaan syariah, dengan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ). (Foto: Dok. CIMB Niaga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan PT Nirvana Wastu Jaya Pratama (NWJP), menjalin kerja sama dalam bidang pembiayaan syariah, dengan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) berbasis Sustainability-Linked Financing (SLF) senilai Rp 300 miliar.

NWJP merupakan anak usaha Nirwana Wastu Pratama Property Group (NWP Property), perusahaan patungan pengembang pusat perbelanjaan komersial antara Warburg Pincus dan PT City Retail Developments Tbk.

“Dana dari fasilitas pembiayaan ini akan dialokasikan untuk mendukung operasional dan keberlangsungan bisnis The Park Mall Semarang, salah satu pusat perbelanjaan di Jawa Tengah,” ungkap Head of Corporate Banking CIMB Niaga Miranty Supardi dalam keterangan resmi, Selasa (4/6/2024).  

Sustainability-Linked Financing (SLF) atau dalam skema konvensional dikenal juga sebagai Sustainability-Linked Loan(SLL), adalah salah satu jenis pembiayaan yang mengedepankan inovasi untuk mendorong debitur melakukan praktik-praktik keberlanjutan terbaik melalui target kinerja keberlanjutan (sustainability performance target atau SPT) yang ambisius sesuai kesepakatan.

Baca juga : BP Tapera Sebut Sudah Kembalikan Tabungan Perumahan Senilai Rp 4,2 T

Miranty menambahkan, bank akan memberikan penyesuaian suku bunga sesuai dengan pencapaian SPT tersebut.

Praktik terbaik keberlanjutan yang ingin didorong pada pembiayaan ini antara lain efisiensi energi dan sertifikasi bangunan hijau untuk The Park Mall.  

“Kami menyambut baik kolaborasi CIMB Niaga dengan NWP Property. SLF ini sejalan dengan komitmen untuk mendorong praktik bisnis yang bertanggung jawab sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dan mendukung transisi menuju ekonomi yang lebih hijau serta upaya pengembangan keuangan syariah di Indonesia,” jelasnya.

Tak hanya itu, Miranty menegaskan, pembiayaan ini merupakan transaksi dengan skemaSustainability-Linked ke-empat yang dibukukan di CIMB Niaga dan, ke depan pihaknya akan terus mengembangkannya.  

Baca juga : Penuhi Permintaan SYL, PPSDMP Kementan Total Serahkan Rp 6,8 Miliar

Sementara itu, Head of Sustainable Finance CIMB Niaga Chialmi Dialdestoro Rosalim menyebutkan, penggunaan energi pada sektor bangunan komersial merupakan salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca yang signifikan.

Melalui pembiayaan SLF syariah ini, CIMB Niaga berharap dapat berkontribusi dalam pencapaian net zero emission sejalan dengan keanggotaan CIMB Group dalam Net Zero Banking Alliance (NZBA).

Chief Financial Officer NWP Property Nikolaus Dharmawan berharap, dengan kemitraan ini pembiayaan SLF ini tidak hanya mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan, tetapi juga memperkuat komitmen NWP terhadap ESG.

“Dengan memanfaatkan pembiayaan berbasis SLF, kami berupaya untuk mencapai standar efisiensi energi dan sertifikasi green building pada pusat perbelanjaan yang kami kembangkan,” jelasnya.

Baca juga : RUPST, BSI Tebar Dividen Senilai Rp 855,56 Miliar

 Skema pembiayaan SLF bagi pusat perbelanjaan The Park Mall Semarang ini diharapkan dapat menjadi contoh bahwainvestasi yang bertanggung jawab dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang yang berkelanjutan.

“Keberhasilan proyek ini akan membuka jalan bagi lebih banyak inisiatif serupa di masa mendatang, memperkuat upaya Indonesia dalam mencapai target-target penurunan emisi gas rumah kaca, dan mitigasi perubahan iklim,” pungkas Nikolaus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.