Dark/Light Mode

Jumlah Pesanan Tembus 300 Persen

Wow, Sukuk BSI Jadi Incaran Anak Muda

Kamis, 6 Juni 2024 07:00 WIB
Jumlah Pesanan Tembus 300 Persen Wow, Sukuk BSI Jadi Incaran Anak Muda

RM.id  Rakyat Merdeka - Antusias masyarakat mem-booking Sustainability Sukuk BSI atau Sukuk Mudharabah Keberlanjutan, sangat tinggi. Pemesanan terhadap produk investasi itu sudah melebihi target.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk akan meluncurkan Sukuk Mudharabah pada Rabu (15/5/2024). BSI mencatat pemesanan dari investor terhadap sukuk tersebut sudah mencapai 300 persen atau sekitar Rp 9 triliun.

BSI berencana menerbitkan Sustainability Sukuk sebanyak Rp 3 triliun dengan kisaran imbal hasil 6,40-7,20 persen untuk jangka waktu 1, 2 dan 3 tahun, dengan masa penawaran awal sejak 14-30 Mei 2024.

Sukuk tersebut terdiri dari dari tiga seri, yaitu seri A dengan jangka waktu satu tahun, seri B jangka waktu dua tahun dan seri C jangka waktu tiga tahun. Saat ini sukuk tersebut dalam proses perizinan tahap akhir OJK.

Baca juga : DPRD: Jangan Terapkan Hukum Denda Dulu Deh

Dana hasil penerbitan sukuk akan digunakan untuk mendukung pembiayaan, dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) dan Kegiatan Usaha Berwawasan Sosial (KUBS).

Direktur Finance & Strategy BSI Ade Cahyo Nugroho mengatakan, manajemen perseroan meyakini, Sustainability Sukuk BSI akan diserap secara maksimal oleh pasar.

Pasalnya, lanjut Cahyo, kinerja perseroan saat ini berada di atas rata-rata industri perbankan. Hal ini bisa dilihat dari rating idAAA yang disematkan lembaga pemeringkat Pefindo untuk perseroan, serta merupakan sukuk pertama yang diterbitkan BSI.

“Sukuk Sustainability ini akan menjadi pilihan investasi menarik bagi masyarakat, terutama anak-anak muda,” ucap Ade Cahyo di Jakarta, Rabu (5/6/2024),

Baca juga : Indo­nesia Vs Irak, Wajib Menang

Ade Cahyo membeberkan, Sukuk ESG (Environmental, Social Government) BSI dapat dimiliki investor institusi dan ritel dengan harga per unit Rp 5 juta. Saat ini mayoritas yang melakukan booking dari kategori investor institusi.

Sukuk Sustainability BSI bisa dibeli investor di perusahaan sekuritas yang bekerja sama dengan perseroan, yakni Mandiri Sekuritas, BNI sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, Trimegah Sekuritas, Mega Capital Sekuritas dan Maybank Sekuritas.

Ade Cahyo menjelaskan, penerbitan Sukuk ESG ini melengkapi serangkaian aktivitas BSI di pasar modal. Di antaranya rights issue pada 2022, penerbitan surat berharga EBAS-SP SMF-BRIS 01, dan di awal tahun ini Sukuk Sustainability.

“Apalagi sukuk ESG juga merupakan hal menarik, karena beberapa investor kerap menanyakan praktik ESG sebuah perusahaan,” kata Ade Cahyo.

Baca juga : Sinner Kudeta Kursi Djoker

Menurut dia, dana yang diperoleh dari penerbitan sukuk tersebut akan disalurkan ke pembiayaan yang sudah ada (exisiting), pada kategori KUBL dan KUBS.

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan perseroan, dana yang dihimpun dari penerbitan Sustainability Sukuk BSI sekitar 30 hingga 50 persennya akan disalurkan di sektor KUBL. Yaitu untuk kategori energi terbarukan, produk yang dapat mengurangi penggunaan sumber daya dan menghasilkan lebih sedikit polusi, serta pengelolaan air limbah yang berkelanjutan.

“Sedangkan penyaluran dana untuk kategori KUBS memiliki porsi 50 sampai 70 persen,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.