Dark/Light Mode

Produksi Meningkat Setiap Tahun

Menperin Genjot Kualitas SDM Industri Alat Berat

Sabtu, 8 Juni 2024 07:10 WIB
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Masrokhan (tengah) meninjau proses produksi PT Komatsu Indonesia di Jakarta, Rabu (5/6/2024). (Foto: Kemenperin)
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Masrokhan (tengah) meninjau proses produksi PT Komatsu Indonesia di Jakarta, Rabu (5/6/2024). (Foto: Kemenperin)

 Sebelumnya 
“Ini link and match yang harus dibangun antara dunia pendidikan vokasi dengan industri,” katanya.

Tidak hanya industri alat be­rat, BPSDMI juga telah menye­lenggarakan Program Diklat 3 in 1 industri pengolahan kopi.

Dalam program ini, peserta diklat bisa mendapatkan tiga manfaat sekaligus. Yakni dilatih, disertifikasi dan ditempatkan pada industri yang membutuhkan.

Baca juga : WSBP Pastikan Bisnis Dan Operasional Tetap Jalan

Kemenperin mengimplemen­tasikan pola pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pembekalan keterampilan bagi para tenaga kerja, yang didasar­kan pada kebutuhan industri pengolahan kopi saat ini.

Salah satu program Diklat 3 in 1 yang dilaksanakan adalah “Upskilling Pengolahan Kopi untuk IKM”, yang digelar di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 3-9 Juni 2024. Kabupaten tersebut meru­pakan salah satu daerah pengha­sil kopi Robusta dan Arabika.

Wilayah penghasil kopi di Bantaeng tersebar di Kecamatan Tompobulu, Eremerasa, Ban­taeng, Sinoa dan Uluere.

Baca juga : Tugas Personel Damkar Kini Udah Jadi Palugada

Selain untuk memenuhi kebutuhan industri, pelatihan vokasi indus­tri berbasis kompetensi sistem 3 in 1 ini merupakan wujud nyata kolaborasi yang dilakukan antara Pemerintah dengan industri.

Program pelatihan ini terlaksana atas sinergi dan peran aktif sejum­lah pihak, mulai dari pemerintah, mitra industri dan asosiasi serta masyarakat pada umumnya.

“Kepada semua pihak yang terlibat, terutama kepada mitra industri dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), kami sampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja samanya dalam pelaksanaan kegiatan Upskilling Pengo­lahan Kopi Untuk IKM,” tutur Kepala Pusdiklat SDM Industri Kemenperin Saiful Bahri.

Baca juga : Garuda Siapkan Kemenangan

Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu penghasil terbesar kopi di dunia. Data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebutkan, Indonesia menjadi produsen kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam. NOV

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 7, edisi Sabtu, 8 Juni 2024 dengan judul "Produksi Meningkat Setiap Tahun Menperin Genjot Kualitas SDM Industri Alat Berat"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.