Dark/Light Mode

Patok Bunga Deposito Di Atas LPS

Bank Digital Diingatkan Terapkan Transparansi

Sabtu, 22 Juni 2024 07:00 WIB
Ilustrasi. Foto: freepik
Ilustrasi. Foto: freepik

 Sebelumnya 
Dia menegaskan, ketika bank memberi bunga lebih tinggi dari TBP, mereka harus transparan. Sebab, transparansi kepada na­sabah telah menjadi kewajiban perbankan.

“Mereka (bank digital) harus memberika tahu TBP di angka sekian. Dan (bunga) di atas itu tidak dijamin. Harus fair terha­dap nasabah atau konsumen,” ucapnya.

Pengamat perbankan dari Uni­versitas Gadjah Mada (UGM) Paul Sutaryono mengamini saat ini ada beberapa bank-bank digi­tal mematok tingkat suku bunga tabungan yang lebih tinggi dari bunga penjaminan LPS.

Baca juga : Amrik Kirim Utusan Khusus Ke Vietnam

Menurutnya, itu wajar dilaku­kan sebagai upaya bank digital untuk memperoleh likuiditas.

“Secara teori, bank yang menawarkan suku bunga simpanan yang tinggi seperti deposito, itu berarti bank tersebut sedang membutuhkan dana besar. Arti­nya, likuiditas mereka kurang perkasa,” jelasnya kepada Rakyat Merdeka, Jumat (21/6/2024).

Namun Paul menegaskan, ada risiko di balik langkah tersebut. Dengan menawarkan tingkat bunga simpanan di atas bunga penjaminan LPS, maka simpanan yang ditawarkan oleh bank tersebut tidak dijamin oleh LPS.

Baca juga : Yuk, Kita Tanam Pohon Dan Banyakin Jalan Kaki

“Itu akan berisiko bagi na­sabah, karena mereka menang­gung sendiri kerugian bila bank tersebut dilikuidasi,” katanya.

Diakui Paul, bank digital me­mang mempunyai keunggulan dibanding bank konvensional, lantaran bisa menjangkau audi­ens yang luas melalui perangkat teknologi informasi.

Kelebihan itu menjadi peluang bagi bank digital memperoleh pendanaan maupun potensi pendapatan dari sisi Fee Based Income (FBI) yang cepat, sebagai sumber profitabilitas.

Baca juga : No Comment, Eks Suami Ditangkap

Bank digital memiliki keung­gulan untuk menjangkau na­sabah lebih banyak dengan mengandalkan infrastruktur IT (Information Technology).

“Berarti funding termasuk FBI akan lebih cepat diperoleh. Mengapa? Lantaran semakin banyak nasabah, sehingga tran­saksi keuangan lebih banyak,” jelasnya. DWI

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Sabtu, 22 Juni 2024 dengan judul "Patok Bunga Deposito Di Atas LPS, Bank Digital Diingatkan Terapkan Transparansi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.