Dark/Light Mode

Pelaku Usaha Mikro Berikan Testimoni

Mandiri Buktikan Bansos dan KUR Kerek Kesejahteraan

Selasa, 26 November 2019 11:22 WIB
Penyaluran kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan, pada 16 Oktober 2019. (Foto: Humas Bank Mandiri)
Penyaluran kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan, pada 16 Oktober 2019. (Foto: Humas Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kebijakan bantuan sosial (bansos) serta inklusi dan literasi keuangan yang di kelola Bank Mandiri, berjalan cukup baik. Cermin itu tergambar dari kisah sukses beberapa penerima bansos dan penerima fasilitas keuangan melalui bank pelat merah tersebut. 

Bank Mandiri menunjukan komitmennya mendukung berbagai program pemerintah. Antara lain, mengentaskan kemiskinan, pemerataan pendapatan, melalui program bansos serta inklusi dan literasi keuangan di  Tanah  Air. Dalam menjalankan peranannya, bank pelat merah itu terjun langsung melakukan penyaluran bansos kepada penerima manfaat. Begitu juga dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang nilainya sampai saat ini mencapai Rp 86,04 triliun, serta penetrasi inklusi dan literasi keuangan melalui agen Mandiri dan tabungan segmen mikro dengan nilai realisasi mencapai lebih dari Rp 22 triliun. Capaian  berbagai  kegiatan dan  program itu cukup memuaskan. Manfaatnya dirasakan langsung.
 
Agen Mandiri Rizky Fitriana, warga Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang mengaku, sejak menjadi agen Mandiri, pendapatannya bertambah.
 
“Sejak jadi Agen Mandiri, saya kan tidak hanya menjual barang dagangan saja, tapi juga melayani transaksi perbankan, menabung maupun mengambil uang. Alhamdulilah,  pendapatan bertambah,” kata Rizky. 

Peningkatan pengunjung ke tokonya, lanjut Rizky, memberikan dampak positif terhadap kenaikan penjualan barang dagangannya.

Baca juga : Pemerhati Bahasa di Amerika Dorong Pelestarian Bahasa Daerah

Kisah sukses serupa disampaikan Agen Mandiri, Nurjanah, pemilik kelontongan Toko Anis Jaya di Brebes, Jawa Tengah.

“Sejak jadi agen, pendapatan saya bertambah. Banyak yang transaksi di tempat saya. Saya berharap usaha ini (jadi agen) bisa jalan terus,” ungkap Nurjanah. 

Nurjanah menceritakan,  banyak konsumen menggunakan jasa layanan keuangan kepadanya berkat usahanya yang selalu mempromosikannya kepada para pelanggan tokonya.Selain itu, juga berkat pelayanan sistem jemput bola yang dilakukannya. 

Baca juga : DPR Tantang Menkes Bikin Terobosan Strategis di Sektor Kesehatan

“Toko saya dekat pabrik. Saya melayani pegawai yang mau transaksi di pabrik. Mereka semua merasa terbantu dengan keberadaan saya,” imbuhnya. 

Tak hanya Agen Bank, pengakses layanan jasa keuangan mikro Mandiri juga merasakan manfaatnya. Misalnya, petambak di Muara Gembong, Bekasi, Abdul Rohman. Dia penerima fasilitas KUR dari Bank Mandiri dalam rangka mendukung Program Perhutanan Sosial. Selain fasilitas KUR Mandiri, juga menerima bantuan infrastruktur antara lain berupa revitalisasi tambak, bantuan sarana produksi dan pembinaan.

 “Kami para petambak Muara Gembong sangat berterima kasih kepada Bank Mandiri. Sebelum dibantu Mandiri hasil produksi kami kurang maksimal, setelah mendapat bantuan melalui KUR, Alhamdulillah penghasilan kami sudah jauh meningkat,” ungkap Rohman. 

Baca juga : Berlaku 1 Januari 2020, Ini Tarif Baru BPJS Kesehatan

Distribusi Bansos
Bank Mandiri memastikan bansos yang disalurkan melalui pihaknya tepat sasaran. Para penerima manfaat menyampaikan apresiasinya kepada Mandiri.

“Saya merasa bersyukur dan berterima kasih atas Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang sampai ke kami. Harapan kami program ini dapat berkelanjutan dengan Bank Mandiri,” ungkap Siti, ibu rumah tangga di Kecamatan Katoi, Kolaka. 

Keterangan serupa juga diutarakan Norma, warga Desa Wemputtang, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone. Norma adalah penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). “PKH membantu anak-anak saya tetap bersekolah. Semoga ke depannya program ini dapat berlanjut.  Terima kasih kepada Bank Mandiri dan Pemerintah,” pungkasnya.  [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.