Dark/Light Mode

Dapat Peringkat BB dan Stabil dari Fitch

Bukti Keuangan WIKA Makin Kuat

Jumat, 6 Desember 2019 21:16 WIB
Dapat Peringkat BB dan Stabil dari Fitch Bukti Keuangan WIKA Makin Kuat

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pemeringkat Kredit Internasional Fitch Ratings menempatkan Long-term Issuer Default Rating PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk. pada level BB dan national long-term rating pada level AA-(idn). Fitch juga meningkatkan outlook perusahaan yang sebelumnya negative menjadi stable.

Direktur Keuangan WIKA Ade Wahyu menyambut baik penilaian positif ini. Dia menilai, rating level “BB” dan outlook stable menegaskan upaya yang dilakukan pihaknya menjaga kesehatan rasio keuangan berada di arah yang benar. 
Terbukti rasio hutang berbunga (gearing) perusahaan hingga kuartal III 2019 tercatat berada pada posisi yang masih rendah yaitu pada level 1,19x dibandingkan dengan batas hutang berbunga perusahaan (covenant) sebesar 2,5x.

Baca juga : Harus Berangkatkan Ofisial dengan Biaya Mandiri, PBMI Kecewa

“Capaian ini akan semakin meyakinkan investor bahwa WIKA memiliki kemampuan untuk memenuhi segala kewajibannya,” jelas Ade

Rating beserta outlook yang disampaikan juga mencerminkan kepercayaan Fitch Ratings bahwa WIKA akan terus bertumbuh sejalan dengan kebijakan pemerintah yang masih fokus membangun infrastruktur. 

Baca juga : Firli Ketiban Durian Runtuh

Sekadar info, rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024 menyebut nilai investasi pembangunan infrastruktur mencapai Rp 37.000 triliun serta pemindahan Ibu Kota dengan anggaran pembangunan sebesar Rp 466 Triliun.

Ade kemudian menyampaikan pandangannya tentang pentingnya memiliki strategi yang tepat dan kapabilitas untuk memastikan kehadiran WIKA dalam pembangunan bangsa selain memberikan manfaat bagi masyarakat juga turut berkontribusi positif bagi pertumbuhan perusahaan.

Baca juga : Menteri Tito Minta Pedagang Makanan Diawasi

"WIKA menjadi satu-satunya kontraktor lokal yang mengerjakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. WIKA juga bertindak sebagai kontraktor utama dalam mengerjakan tol pertama di Kalimantan yang menghubungkan Balikpapan dan Samarinda juga Tol Bangkinang - Pangkalan sebagai bagian dari Tol Trans Sumatera," ungkap Ade Wahyu
 
Berbekalkan kekuatan neraca serta rekam jejak yang luas baik di dalam maupun luar negeri, WIKA dapat berperan lebih besar dalam mensukseskan program pembangunan infrastruktur yang telah dicanangkan oleh Pemerintah sekaligus mendeliver sesuai dengan ekspektasi pemangku kepentingan. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.