Dark/Light Mode

Warna Ternyata Bisa Pengaruhi Emosi dan Hati

Minggu, 15 Desember 2019 10:01 WIB
Praktis penyembuhan emosional Reza Gunawan (kanan) dan Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia Indra Laban (tengah) saat peluncuran The Colour Of The Year 2020 di Jakarta, Kamis (12/12). (Foto: Merry Apriyani/RM)
Praktis penyembuhan emosional Reza Gunawan (kanan) dan Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia Indra Laban (tengah) saat peluncuran The Colour Of The Year 2020 di Jakarta, Kamis (12/12). (Foto: Merry Apriyani/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cat dinding ternyata tak hanya punya fungsi membuat ruangan menarik atau indah. Tapi, warna-warna yang menempel di dinding ruangan mempunyai efek dan pengaruh mendalam.        

Praktisi penyembuhan emosinal Reza Gunawan dalam acara peluncuran Colour of The Year 2020 A Tranquil Down by Dulux di Jakarta, Sabtu (14/12), mengatakan, dalam ilmu penyembuhan, warna punya peranan dan fungsi kesehatan bagi tubuh manusia, dan mempengaruhi emosional serta suasana hati.   

"Di ilmu yoga dan penyembuhan tradisional di India terdapat sistem 7 cakra, dari tulang ekor sampai puncak kepala. Tujuh cakra tersebut memiliki warna, yakni merah, jingga, hijau kuning, biru, nila, ungu (mejikihibiniu)," urai Reza.        

"Mejikuhibiniu itu warna dasar yang ada di tubuh kita yang berhubungan dengan 7 tangga nada, do, re mi, fa, sol, la, si, berhubungan dengan 7 kelenjar utama tubuh manusia dan berhubungan dengan 7 tema psikologis dalam relationship manusia. Jadi warna bukan sesuatu yang kita lihat dengan mata, tapi ada di dalam tubuh kita," tambahnya.      

Baca juga : Dubes Al Busyra Basnur, Terima Penghargaan Dari Ethiopia

Sementara, dalam Fengshui China, ada 5 elemen yaitu kayu, air, api, logam, tanah. Masing-masing dari elemen memiliki warna tertentu dan berhubungan dengan emosi. Itu artinya warna adalah bagian dari diri setiap orang yang terdalam.      

"Itu sebabnya menurut saya warna memiliki efek yang sangat mendalam kalau kita merasakan refleksi dan digunakan dengan rileksional. Sehingga penting pemilihan warna untuk diaplikasikan ke ruangan," lanjutnya.      

Warna-warna tersebut juga punya dimensi mendalam untuk menciptakan mood yang baik. Selain itu memberi efek terapi yang baik untuk tubuh.      

"Warna harus bisa menyatu dengan optimal dari diri kita. Bagaimana ambil jeda dan refleksikan diri kita, serta berniatlah memilih warna. Semua akan jadi elemen untuk efek penyembuhan," terang suami penulis sekaligus penyanyi Dewi Dee Lestari ini.        

Baca juga : PM Termuda di Dunia Ini Ternyata Dibesarkan Ortu Sejenis

Misalnya warna hijau, disepakati sebagai warna yang bikin sejuk juga cenderung membuat lingkungan lebih bersih. Warna ini juga dapat dieksplorasi sampai akhirnya memberi hasil terapeutik.      

Maka dari itu, saat mengecat tembok rumah, Anda harus memilih warna yang tepat. Tentukan warna yang cocok diterapkan di semua ruanga khususnya kamar atau ruang pribadi.        

President Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) Indra Laban, menambahkan, warna ruangan dipercaya memiliki kekuatan untuk mengubah mood. Tak heran ketika seseorang berada di satu ruangan dengan warna cat bisa membuat nyaman.      

"Elemen warna sangat penting, karena memberikan perasaan nyaman. Gunakan sebuah ruangan untuk mengekspresikan diri sendiri dengan pilihan warna tepat," tambah Indra.        

Baca juga : Wapres Optimistis Pemberantasan Korupsi Semakin Baik

Dia menambahkan terkait tren warna cat tembok 2020 akan cenderung pada nuansa lembut. Warna-warna yang bisa dipercaya mampu membangkitkan mood dan semangat manusia.        

"Tranquil dawn akan menjadi tren warna 2020. Warna ini membawa makna untuk kembali ke dalam sosial elemen. Warna teduh halus di antara hijau, biru dan abu-abu," katanya.      

"Proses dari pemilihan warna Tranquil Dawn merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli Dulux. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa di tahun 2019 orang-orang di seluruh dunia tengah mengalami kesibukan di keseharian dan dunia digital," tutup Indra. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.