Dark/Light Mode

Perlancar Distribusi Pangan, Kementan Gandeng Gojek

Jumat, 3 April 2020 13:44 WIB
Penandatanganan kerja sama antara Kementan dan Gojek untuk distribusi pangan. (Foto: Dok. Kementan)
Penandatanganan kerja sama antara Kementan dan Gojek untuk distribusi pangan. (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memastikan akses pangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini dan pamdemi Covid-19, Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Gojek. Gojek akan menyediakan jasa belanja pangan bagi masyarkaat tanpa harus keluar rumah. 

“Ini sesuai arahan Presiden, kami diminta untuk memastikan ketersediaan 11 bahan pangan di tengah pandemi ini hingga Idul Fitri. Dan saya mengapresiasi kerjasama dengan Gojek ini. Karena untuk menyikapi tantangan saat ini, kita tidak bisa menggunakan cara-cara yang lama. Kita harus tangani dengan cara-cara sekarang,” ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai menyaksikan penandatanganan kerja sama Kementan dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang menaungi Gojek di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Jumat (3/4). 

Baca juga : Permintaan Meningkat, Kemenperin Genjot Produksi APD

Syahrul mengatakan, dua hal yang penting dalam ketersediaan pangan adalah supply and demand. Ia meminta semua yang terlibat dalam pertanian ikut berperan dalam hal ketersediaan pangan dan stabilisasi harga. Hal tersebut ia sampaikan saat melakukan video conference bersama Kepala Dinas Lingkup Pertanian dan Produsen serta Supplier Pangan.

Syahrul mengakui, kondisi pandemi saat ini tentu menganggu perekonomian negara. Namun demikian, pertanian harus tetap bertahan dalam kondisi apa pun. “Saya minta seluruh kepala dinas lingkup pertanian di daerah dan pelaku usaha bidang pertanian lainnya agar siap menjadi pahlawan, berkomitmen menyiapkan kebutuhan pangan bagi 267 juga jiwa rakyat Indonesia. Ayo kita selesaikan masalah pertanian ini dengan ketulusan,” ajaknya.

Baca juga : Kementan Jamin Distribusi Pangan Lancar

Sebelas komoditas pangan yang dimaksud adalah beras, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. 

Ongkir Gratis
Dalam kesepakatan bersama yang ditandatangi Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriari, dan Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek, Dyan Shinto Ekopuri, disebutkan bahwa kedua belah pihak akan berkomitmen menjaga ketersediaan, stabilisasi pasikan, dan harga pangan ke 11 komoditas tersebut melalui pemanfaatan aplikasi berbasis teknologi yaitu Gojek. Agung menyampaikan, selain untuk mengantisipasi distribusi pangan dan mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing, kerja sama ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan penghasilan tambahan bagi para ojek online. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.